Selasa, 09 Februari 2016

Sayonara Jogjakarta



Jogjakarta, Done!


Apa maksudnya? Agar dapat memahami maksud “Jogjakarta, Done!” ada baiknya teman-teman yang lagi baca tulisan ini, mampir terlebih dahulu ke postingan saya sebelumnya yaitu 8 keinginan di tahun 2016

Nggak perlu di baca semua kok, cukup baca yang nomor 1 aja, itu sudah mewakili prolog dari tulisan saya kali ini. Tapi kalau mau di baca semuanya juga nggak masalah, justru itu lebih baik.

Oke, sudah dibaca? Sudah dibuka linknya? Sudah dilihat? –Saya anggap sudah ya ^^

Melewatkan bulan Januari tanpa menulis apapun di blog ini, sepertinya saya harus menceritakannya mengapa?

Selama bulan januari, saya dihadapkan dengan aktivitas lain sampai dengan pertengahan bulan. Dan sisanya, saya pikir itulah waktu yang saya dapatkan untuk menikmati liburan. Luar biasa, ceritanya bermula dari sini.

Tanggal 23 Januari, teman-teman baik saya dari Bontang datang ke Malang untuk liburan. Tepat waktunya, kami semua mendapat jatah libur. Moment ini pas sekali selain menjadi moment liburan juga menjadi ajang reunian. Karena kami semua dulu menjadi teman main waktu masih sekolah. Dan beberapa orang memilih kuliah, termasuk saya, akhirnya kami terpisah dan nggak semudah dulu lagi kalau mau ketemu atau nongkrong bareng.

Hari pertama mereka datang, kami langsung budal (berangkat) ke kawah ijen. Ini adalah pertama kalinya saya main ke kawah ijen. Dan kebetulan juga, dari kami bertujuh, cuma 1 orang aja yang sudah pernah main kesana. Dan dia kami tugaskan sebagai supir. Haha

Jadi seperti ini pas kami semua nunggu tiket masuk. Kami ke warung kopi dulu buat ngangetin badan sekalian tidur-tidur ganteng.

Ngopi-ngopi dulu

Jam 1 pagi, akhirnya tiket dibuka dan kami udah siap untuk mendaki. Abaikan makhluk yang membawa sarung itu. heeemmmm.

 Sudah siap mendaki, padahal masih mode ngantuk

Setelah satu jam perjalanan, pengen selfie tapi gagal

Hari itu kami sial banget, soalnya kabutnya nggak ketulungan. Serius, bau belerangnya nyengat banget. Jadi, saya pikir moment poto-potonya masih kurang greget.

Biasanya yang megang tongsis itu paling susah dapat jodoh

Kasian ya kabutnya, kami cuekin

Lalu besoknya tanggal 24 Januari kami langsung balik ke Malang. Padahal sebenarnya kami mau lanjut lagi main-main air di pantainya Banyuwangi. Tapi, kami mengurungkan niat. Soalnya semua udah pada tepar. Kurang tidurlah, kurang makan, kurang gizi, kurang kasih sayang dari cinta pengisi hati. *halah

Oke, kawah ijen sekian.

Tanggal 25-26 Januari, saya gunakan waktu untuk istirahat di kosan. Anak-anak gimana? Mereka semua tetap lanjut main ke wisata kota Batu. Akhirnya mereka ketemu juga dengan museum angkut. Haha. Besoknya lagi, mereka lanjut main ke Bromo. Mereka bener-bener full liburan. Namanya juga semangat, ya gitu deh sebelum mereka masuk kerja lagi.


***

Tibalah waktunya, tanggal 27 Januari 2016 kita berangkat ke JOGJA MAMEN !!!!!!


OWH, GILA. MASIH NGGAK NYANGKA. Akhirnya keinginan pertama saya, bisa terkabul secepat itu. Terhitung sejak 31 Desmber 2015 saya menuliskan keinginan saya di blog ini, akhirnya terkabul dalam hitungan 27 hari atau sekitar (± 648 jam). Satu-satunya ucapan terima kasih saya adalah kepada sang pengabul do’a.

jadi ceritanya ini lagi di dalam kereta. Otw Jogja gitu. Hahaha

Perjalanan ke Jogja sekitar 8 jam. Sumpah saya di dalam kereta ngerasa bosan banget. 8 jam coy. Mau ngapain?

Nah, ini poto teman-teman saya yang kayaknya nyenyak banget tidurnya. Dari semuanya yang paling nggak bisa tidur cuma saya. Mungkin karena 25 dan 26 januari itu saya sudah puas banget istirahat. Atau mungkin karena hal lain? Nanti akan saya ceritakan hehe

Para bos-bos dengan duduk terpewe mereka

Akhirnya sampai juga di jogja sekitar jam setengah 5 sore. Well, untuk pertama kalinya saya meghirup udara Jogjakarta yang……………….biasanya aja. Hemmm.

Setelah turun dari stasiun, kita langsung di samperin sama bapak-bapak yang menyerahkan kunci mobil. Dan kita langsung menuju penginapan.

Saya serasa pulang ke Kalimantan. Soalnya suhu di Jogja mirip-mirip suhu di Kalimantan yang terkanal dengan panasnya itu. Nggak heran, setelah sampai di penginapan, kita semua langsung antri buat mandi. Semuanya pengen ke bagian ganteng.

Sebenarnya saya dan beberapa teman saya yang lain sudah capek, maunya istirahat dulu. Tapi katanya KEPER (Ketua Perjalanan), kita harus maksimal di Jogja. Soalnya di Jogja cuma sebentar aja, jadi mending waktunya di pake buat jalan-jalan daripada banyak istirahat. Ada benernya juga sih. 

Jadilah, sehabis magrib kita semua langsung main ke Malioboro. Hehe

google

Waktu di Malioboro, bukan tentang malioboronya yang membuat saya kagum. Tapi pengamen-pengamennya yang menarik perhatian saya. Keren, mereka pengamen berkualitas. Pokoknya kalo dengerin mereka lagi pentas, *katakan saja begitu. Badan ini otomatis enderd-enderd. Terus juga kepala jadi ikut goyang. Asik bangetlah musiknya. Hahaha

Kalo udah gitu, kita pun serasa ringan aja gitu buat ngasih mereka uang. *bukan receh lo ya. Kalo sampe ada yang nggak ngasih, berarti orang itu pelit. Soalnya, pengamen-pengamennya udah keren.

kira-kira seperti ini :


>> di puter aja videonya, biar bisa baca sambil dengerin musik angklungnya yang asik ^^


Kemudian, masuk tanggal 28 Januari, kita lanjut lagi pergi ke Candi Borobudur di Magelang. Syukur Alhamdulillah pas itu cuacanya bersahabat banget. Panas-panas bikin item gitu. Heeeem.

Sesampai disana, baru aja turun dari mobil, udah langsung di datangin sama penjual-penjual. Saya agak kesel dalam hati sebenarnya, padahal saya sudah nolak sesopan-sopannya, tapi para penjual ini terus aja maksa dan ngikutin kemanapun kami pergi. Kelama-lamaan bukannya nawarin, tapi malah curhat.

Kebayang nggak sih, kita datang kesana kan buat jalan-jalan tuh, buat main. Tapi malah di kira ahli psikolog yang harus dengerin curhatan para pedagang tak lekang oleh waktu itu.

“mase, ini lima ribuan aja buat oleh-oleh. Mas, dari pagi belum laku-laku dagangan saya mas. Anak saya sekolah, yang dirumah juga masih kecil bla bla..”

Pokoknya panjang deh curhatannya. Hampir aja saya teriak…

“bu! saya ini bukan ahli psikolog bu. Saya ini psikopat!!! Cuma lagi vacum aja buat nyiletin orang.”

Karena sangat mengganggu, akhirnya kami cuek aja dan lama-lama mereka hilang sendiri. Saya simpati dengan usaha keras mereka. Tapi kalau sampai maksa begitu, yang ada para pengunjung akan sangat merasa nggak nyaman dengan keberadaan mereka.

Sebelum masuk ke dalam candi 

Pas sudah masuk, nggak afdol rasanya kalo nggak selfi. Hahaha, saya terpaksa.

dan telah kesampaian juga akhirnya

Hari itu puanas banget. Tepat jam 12an siang, kami ada di puncak Borobudur. Saya sempat dehidrasi. Badan saya serasa lemas, agak pusing dan ngantuk. Tapi saya juga nggak mau melewatkan keindahan sekitar Borobudur. Saya benar-benar mau puasin mata saya. Ya maka dari itu tetap saya paksa walau dehidrasi.

Setelah puas jalan-jalan di puncak Borobudur, dan juga poto-poto serta videonya, kami pun turun. Btw, ada satu teman saya yang nggak ikut masuk ke Borobudur, soalnya dia sudah pernah. Jadi selama saya dan teman-teman saya asik itam-itam di puncak Borobudur, dia malah asik-asikan sendiri ngadem di dalam mobil. Hemmmmmm.

Perjalanan belum selesai. Setelah Borobudur, kami lanjut lagi menuju museum gunung merapi. Jeng.. jeng.. jeng.. cuacanya mulai nggak bersahabat. Agak mendung-mendung manja gitu. Ah sudahlah, tetap kami hajar.

 ngajak gunung merapi selfie. Malah 2 orang ini muncul secara misterius

Sehabis poto dan melihat-lihat pemandangan merapi, kami pun pergi nonton documenter letusan merapi tahun 2010. Saya merasa bersyukur selama ini saya banyak hidup di Kalimantan yang notabene jarang ada bencana alamnya. Saya nggak bisa bayangkan masyarakat sekitaran lereng merapi ini betapa sabar dan kuatnya saat itu menghadapi bencana merapi. Bayangkan aja, selama 100 jam. Merapi seperti raksasa ngamuk gitu. 100 jam bro !!! 100. Bukan sejam dua jam. Masya Allah.


Akhirnya hujan hari itu deras banget. Dan kami pun kembali ke kota Jogjakarta. Sebelum ke penginapan, kami mampir dulu ke kawasan UGM sekalian shalat magrib. Ternyata UGM seperti itu ya. Heeem leh uga hahaha

Keesokan harinya tanggal 29 januari, pagi-pagi kami prepare lagi buat main ke Imogiri. WOW. Dari kesemua yang saya kunjungi, Imogirilah tempat yang paling saya sukai. Karena menurut saya paling keren dari kesemuanya. Hutan pinusnya indah sekali. Pengen banget suatu hari main kesitu lagi bareng tulang rusuk yang belum saya temukan ini. #eeeeeeaaaaaaa


Reunian sambil liburan bareng gini berkesan banget ^^

Tanggal 30 Januari, salah satu teman saya (sebut aja Adam) pulang duluan ke Kalimantan. Jadi, pagi-pagi banget kami harus sudah bangun. Soalnya sebelum main lagi, kami harus ngantar Adam dulu ke bandara. Serasa ada yang kurang, padahal hari itu kita mau main ke pantai.

Setelah ngantar Adam, kita menuju salah seorang teman kami yang kuliah di Jogja. Bukan Apa-apa sih. Cuma pengen kami jadiin supir ajah. Hahaha

Jadi selama perjalanan main di pantai ini, katakanlah namanya Lazuar. Dia jadi supir kami pergi pulang. Yang supir aslinya bener-bener balas dendam di kursi tengah. Ngorok.

Karena ada banyak pantai dan waktu kami juga terbatas, akhirnya kami memilih pantai Indrayanti.

moment berhasil

Setelah saya poto dengan lompat seperti itu. Ada 2 makhluk yang tiba-tiba latah.

pengen lompat tinggi juga bos? Minum jamu dulu sana


****

Masuk tanggal 31 Januari, satu lagi teman saya harus balik duluan ke Malang. Soalnya senin dia sudah masuk kuliah. Memang kampusnya sering kami sebut “kampus maju” hahahaha

Kenapa? Soalnya selalu duluan libur dan selalu duluan masuk kuliah. Se In-do-ne-sia. Sepertinya saya harus menuliskan hastag. #SaveUM --> Universitas Negeri Malang. Yeeeaaah~

Jumlah kami semakin sedikit. KEPER kami juga ikut-ikutan pergi. Dia pergi ke Solo buat jengukin adeknya. Hari itu Cuma saya isi dengan menemani teman saya belanja oleh-oleh di Malioboro. Karena hari itu adalah hari terakhir teman saya di Jogja sebelum mereka semua pulang ke Kalimantan ke esokan harinya 1 Februari.

Terus saya apa kabar? Saya masih tetap lanjut di Jogja haha.. serasa jadi penghuni terakhir.

Setelah teman-teman saya semua kembali ke kandangnya masing-masing, saya masih tetap mengisi liburan saya di Jogja. Sampai tiga hari berikutnya. ^^

Sejujurnya dari kesemuanya itu, saya tidak bisa membohongi hati saya sendiri bahwa sebenarnya yang paling-paling berkesan bukanlah soal Jogjakartanya. Tetapi soal perjalanan menuju Jogjakartanya pas di dalam keretanya itu, ada anaknya Bidadari duduk di depan saya.


Jadi alasan kenapa saya nggak bisa tidur pas di dalam kereta adalah karena sepanjang perjalanan ada anaknya bidadari. Itu yang membuat saya berpikir, “ni anak kok nggak di antarin sama ibunya ya ke tempat tujuannya. Ibunya kan punya sayap. Secara, bidadari coy. Ngapain harus naik kereta sih? hahaha.” Tentang Jogja, Saya ingin sekali dia menjadi alasan saya untuk kembali lagi ke Jogjakarta-

Tapi tunggu dulu,

Ternyata hidup itu adil ya. Waktu berangkat ke Jogja, di depan saya ada anaknya bidadari. Pas pulang ke Malang, di depan saya ada koala manjat pohon. Yah, dalam hati saya ribut ya. Maklum ada pertikaian hebat.

 motion mereka sambil tutup mata

“Aaaarrrrrggghhh, sial sekali kenapa harus ada penampakan itu?? Kenapa lu bedua harus pamer kemesraan di depan gue sih???"

"Woy, nggak usah pegang-pegangan woy. Woy, nggak usah suap-suapan lu bedua. Manja amat lu. Lu hargai perasaan yang di depan lu napa??. Iya gue tau hari hujan AC nyala. Gak usah lu nganget-ngangetin gitu. Gue siapa yang ngangetin???"

"Gue tau lu laper, gak usah suap-suapan !!! Itu cemilan doang. Gue siapa yang suapin woi??? Lu bedua nggak tau gue psikopat??? Gue tusuk pake lidi cireng mampus lu!!.”

Jadi setelah saya poto mereka, Saya langsung merem aja gitu. Pura-pura tidur, biar nggak tau ada kejadian apa di depan.

Oke, kali ini cuma itu aja yang bisa saya share. Sesuai janji saya, kalo keinginan-keinginan saya terwujud saya akan sharing di blog ini. Dan Alhamdulilah #1Jalan-jalan ke Yogyakarta sudah terwujud. “Gitar, engkaulah berikutnya. Pliiiiis.” 

*****

Oiya terakhir ada satu pertanyaan yang berkaitan dengan keinginan saya di tahun 2016 tersebut. Saya akan menjawabnya di postingan saya kali ini. Sebaiknya saya tampilkan pertanyaannya.


“iya salam kenal juga ya. Tan Intan, emang bener aku gak ada nulis masalah lulus-lulusan itu. Dan kamu juga bener gak ada baca. berarti penglihatan kamu masih sangat bagus. Masalah lulus itu, selow aja lah gak usah cepat-cepat. Karena perkara lulus itu bukan siapa cepat dia hebat, tapi luluslah di waktu yang tepat.” *asik ya. Haha.

Masalah roti? terakhir sih yang nanya seperti ini anak panti asuhan. Jadi, tolong jangan dzolimi mereka dengan pertanyaan seperti itu ya. Karena aku bakal bingung untuk nambah kuota pembagiannya. Hahahaha…

-Just guyon-

6 komentar:

  1. Kamvreeeettt hastag nyaaaa -_- temen lo baru balik ke malang tgl 31 januari? perasaan UM masuknya tgl 18 januari deh kemaren.

    Dari semuanya, gue cuma tertarik foto-foto di hutan pinus tur >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, hastagnya itu bener kan? wkwk

      kan lu tau sendiri mahasiswa itu punya jatah alpha satu dalam setiap mata kuliah :D

      Hapus
  2. haha, aku juga salah satu yang kepingin banget pergi ke Jogja. dan alhamdulillah kesampean juga tanggal 28 januari kemarin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, tanggalnya nggak beda jauh sama saya kemaren mbak Hawra :D

      Hapus
  3. Hei Hepiiii... kenapa kamu nyasar juga dimari? Blogspot ternyata sempit yaaa, hahahaha. Jogja emang emejing. Tapi ada yg msh ngeganjel, dua kali ke sana tp blm berhasil poto2 di plang jalan Malioboro, hiks #curhat.

    ini ceritanya aq, hepi dan sherly reunian ya dimari, wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogspot emang sempit mbak mel hehe. ak malah gak mau poto dsitu mbak. terlalu mainstream bgt soalnya haha..

      akhirnya mbak mel main2 kesini juga.. terimakasih mbak sudah berkunjung ^^

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)