Minggu, 04 November 2012

Ciyeee…. Anak SMA

C.I.Y.E adalah 4 huruf yang sampai hari ini saya masih bingung munculnya darimana. Entah siapa yang ciptain kata ciye ini. kata ini sangat-sangat ke pake di zaman sekarang. Ntah mengapa, padahal kata ciye ini gak punya arti lo. Kalo gak percaya buka aja KBBI. Sudah?. Gimana?. ada gak artinya?.. gak ada kan?. Kekekek.. Tapi jangan di artikan pake bahasa padang ya. Karena bisa jadi gak asik dan bakal beda sama yang akan saya bahas. Heeeem.

Ciyeee ini gak punya arti, tapi Cuma punya kesamaan persepsi. Contohnya :

Ciyeee punya baju baru. (walaupun cakar, tapi kan baru)

Ciyeee yang habis bayar utang.

Ciyeee, yang baru tumbuh kumis.

Ciyeee.. yang baru tau kamera HP

Ciyeee... poto jadul pas masih fose andalannya anak SMA

Ciyeee yang lagi nyuri sandal dimesjid pas orang lagi asik-asiknya solat jum’at. (kesalnya masih kerasa pas saya kehilangan sandal di Islamic center  Samarinda dulu. Padahal sandal murahan aja, tapi tetep di embat).


Coba baca ulang. Ada gak artinya?. Yang ada hanyalah persepsi aja yang berarti kita lagi sapa temen, atau mencoba menjalin keakraban. “Katanya.”

Tapi tidak kata saya. Karena bagi saya, kata ciye ini bisa buat diri kita di malu-maluin sama temen di depan temen-temen yang lain atau bahkan di depan orang lain.

Semisal nih, ada gosip dari tetangga haji Muhiddin. Bilang kalo si anu lagi deket tuh sama kita. Misalnya. Terus tiba-tiba,  teman-teman kita datang dan ciye-ciyein kita sama si anu. Aduh, itu gak enak banget. Bikin malu. Apalagi di denger sama orang yang mikirnya dangkal, ya langsung di telen tuh gosip. Apalagi kalo si anunya sampe tau. Ya malunya double. *korbanciye

eh, tapi ngomongin ciye ni, erat banget sama masa-masa sekolah dulu. Biasa. Anak sekolahan. Yang tiap harinya gitu-gitu ajah. Sama kayak gaya potonya yang gitu-gitu aja Wkwkwk, becanda-becanda.

Tadi sih, gara-gara liat anak SMA gitu di jalan lagi sama patalnya (baca: pacar).

Ya saya memperhatikan aja sih, kebetulan tadi saya lagi berenti di sebuah toko perlengkapan balita. Terus di depan saya ada anak SMA yang wididih, pasangan sehidup semati dunia akhirat lolos jembatan sirotolmustaqim. Wkwkwk.. kepanjangan ya? saya ralat, oke saya ralat.

Terus di depan saya ada anak SMA yang wididih, “si aa’ baik banget sih mau temenin akuh beli cemilan.” Hihi… tuh, sudah saya ralat. Beres ya??.

Nah, gak sengaja. Spontan dari dalam hati  saya muncul kata kayak gini, “ciyeee… anak SMA.” Nah itu tuh yang sering denger kata ciye. Apa-apa di ciyein juga.

Padahal pengen sih ngomong kayak begitu ke anak SMA nya. Tapi karena saya lagi gak punya mulut, jadi saya diam aja. *jago ya ngelesnya ya. Padahal mah gak berani. Hehe.. yaiyalah gak berani,wong gak kenal. Daripada nanti di bilang sok kenal, ntar postingan saya judulnya bukan ciyeee… anak SMA. Tapi ciyeee… yang sok kenal. Lupakan..lupakan.

Entah kenapa ya, ciye memang lebih erat kaitannya sama anak SMA dan lebih menjurus ke cewek dan cowok. Maksudnya, buat ngolokin temen-temen kita yang udah punya gandengan atau di tuduh karena punya gandengan padahal cuma gosip aja. Tapi kita seneng bilang ciye-ciye. Iya kan?. :D

Kalo saya pikir-pikir sih, ciye ini sepertinya membatin sama orang-orang yang doyan iseng. Temannya ada apa-apa di komenin ciye-ciye. Haduuuuuh-haduh..

Saya sempat mikir gini, kalo jaman sekarang kan bcandain temen dengan kata ciye tuh. Terus gimana ya pas jaman dono kebawah dulu. Atau pas jaman-jamannya mahabarata. Apa ada kata ciye ini? apa ada orang iseng yang suka komen-komenin orang pake ciye ini?.

Semisal orang iseng zaman dulu nomong, ciyeeee siwa kangen sama dewi kuan in nih ciyeee.. hahaha

Gak ada kan?. Atau kalopun memang ada, rasa-rsanya gak cocok. Hehe.. Tapi kayaknya gak ada deh, soalnya orang-orang zaman dulu itu gak labil kayak anak-anak zaman sekarang. Dikit-dikit ciye. Dikit-dikit ciye. Ciyenya kok dikit?.

Eittsss, tapi gakpapa kok labil. Cuman, labilnya cukup di SMA aja ya. Biar pas udah lulus SMA pas kita lagi katain ciyeee.. anak SMA ke anak SMA yang sok-sokan, mereka gak ada alasan lagi buat bales katain kita  . setuju gak? :D

Salam kenal dan untuk lebih kenal atau sekedar ngobrol-ngobrol Follow aja twitter saya : @akhi_fathur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)