Rabu, 03 Desember 2014

Kenapa Baru Sekarang ?

ini contoh selfie yang benar

Hay.. hay.. kembali dengan saya yang suka berkicau di blog ini. hehe. 1 bulan terlewati yaitu bulan November. Dalam bulan November saya sama sekali gak ada posting apa-apa. Bukan karena gak ada tema, tapi karena ada sesuatu yang menghambat. Apakah itu? hayo apa?. Saya sibuk dengan tugas-tugas kuliah.

Hallah, alasannya basi banget ya?. Alasan seperti ini udah basi banget pokonya. Sebetulnya bukan sibuk karena tugas, tapi karena emang lagi malas. (pengakuan diri sendiri). Hehe..

Padahal dalam 1 bulan itu buanyak (baca : banyak bet) ide atau tema yang ingin saya tulis. Tapi selalu saja ada hal lain yang mengalihkan perhatian saya. Dan permasalahannya saya fokus dengan hal itu. Jadi lupa deh buat nyisain waktu untuk nulis. Baiklah, kita skip.

Tema ini muncul ketika saya sedang masak. “masak, masak sendiri, Cuci baju sendiri, jalan-jalan sendiri, galaupun sendiri.” *nyanyi

Kita tarik waktunya mundur. Waktu itu sebelum saya masak, saya baca buku. Bukunya ajib, buat semangat hidup saya bertambah dan menggebu-gebu sampe besok, besok dan sampai hari ini. Yang tadinya saya ngantukan dan gak bisa ngelawan rasa kantuk itu, hilang, sekarang sudah bisa mengatasinya. Alhamdu??................lillah. (ingat ustad Maulana). hehe

Ada kata-kata yang muncul di fikiran saya. “kenapa baru sekarang?.  Kenapa baru sekarang aku suka baca buku. Kok telat gini sih?. Kenapa baru sekarang ngerasakan nikmatnya baca buku?.” Kata-kata dan pertanyaan seperti itulah yang waktu itu “liar” di fikiran saya.

Kalo saya ingat masa lalu, saya adalah orang yang sangat malas. Walau ada teman saya yang mengatakan bahwa saya adalah orang yang rajin. “gitu kamu bilang dirimu malas thur?. kamu itu rajin, rajin banget malah.” Kata teman saya dulu. Tapi bagi saya, saya tetap orang yang malas.

Bagi saya kata-kata teman saya itu gombal aja. Hehe. Karena yang paling tau tentang saya adalah diri saya sendiri. Bagaimana saya menjalankan hidup. Bagaimana saya beraktivitas dan sebagainya. Hanya saya dan Tuhan saja yang tau. Romantis ya kata-katanya? Haha.

Setelah saya bandingkan dengan hidup saya yang sekarang. Saya dapati bahwa saya terlalu bodoh. Terlalu bodoh karena baru menyadari bahwa dulu saya memanjakan rasa malas itu dan baru tau sekarang betapa nikmatnya baca buku dan sebagainya.

Sehingga saat ini ada perasaan menyesal di dalam hati, kenapa dulu saya begitu malas dan betah berada di zona nyaman. Pantas saja apa yang saya peroleh saat ini hanya sebatas ini-ini saja.

Seandainya dulu saya gak seperti itu, mungkin saya bisa mendapatkan sesuatu yang lebih daripada saat ini. Mungkin saya bisa kuliah di UI, UGM atau……. (maaf ITB gak saya sebut, karena saya sadar diri. Hehehe).

Ada ratusan bahkan jutaan buku yang sangat bagus yang sudah saya lewatkan itu semua dulu dan baru tau sekarang. Itu gak enak dan sakitnya tuh disini *nunjuk muka pas lagi liat buku bagus tapi terbitan pertamanya 2012, 2011, 2010 dst.

Jadi ngerasa kalo pada waktu itu (pas masih jaman sekolah dulu) kayak orang yang tinggal di gua. Sama sekali gak tau (bukan karena gak tau sih tapi karena gak mau tau).

Dulu jangankan baca buku, liat buku apa aja sudah males. Paling-paling Cuma liat covernya habis itu saya taro lagi. Atau kalopun saya baca buku, kemungkinan besarya 99,9999999 % saya terpaksa. Tiap baca buku pasti ngantuk. Perasaan-perasaan antusias buat baca halaman berikutnya gak ada. parah kan yak ? hehe

Ayah saya padahal selalu nasehati, “ sering-sering baca buku biar luas pengetahuan.” Nasehat-nasehat itu sudah saya dengarkan dari umur saya 7 tahunan. Dari kecil sampe lulus SLTA gak pernah saya dengarkan. Lewat begitu aja di telinga.

Pas SD, sukanya main aja. Jarang di rumah. Rumah Cuma buat tidur pas malam hari. Wayang 1 toples astor, kelereng 1 toples astor juga. Tiap ada layangan putus, ngejar pasti dapat. Ada 7 layangan di belakang lemari ibu saya dan semua itu dapat dari hasil ngejar layangan. Hanya itu prestasi saya ketika SD. Hahaha.

Masuk SMP, mulai ada perubahan 180%. Gak suka main di luar. Di rumah terus. Betah banget pokoknya di rumah. Kalo anda nanya ngapain di rumah?. Jawabannya NONTON TV. Yes, just watching. Laptopan?. Gak. belum ada.

Suka banget dulu pas SMP nonton acara-acara musik. Dahsyat, inbox, dering, dll. Efeknya,  tiap sabtu udah janjian buat ngeband sama teman-teman sekolah. Pokoknya sabtu wajib ngeband. Seolah-seolah seperti itu. ada kewajiban yang harus di tunaikan ketika sabtu.

Saya masih ingat dulu kami kalo nyewa studio, nama bandnya aneh-aneh dan suka ganta ganti. Yabis band, tambal band, janggobankrit band. Janggobankrit nama band kami yang asal-usulnya di ambil dari ciri-ciri bapak kami sendiri. Ini kreatif atau kebodohan ya?. Apapun itu saya akui itu masa labil kami haha..

Kebetulan juga waktu SMP itu jamannya olok-olokan orang tua kan?. Siapa yang pernah begitu, saya katakan masa SMP anda cukup bahagia hehe.

Beralih ke SLTA, boro-boro baca buku. Di SLTA malah tambah males belajar. Ini saya pikir karena pada saat itu sering gak ada guru. Jadi kebiasaan nganggur. Masa-masa gak produktif banget dah. Tapi gak semua negatif, justru di masa SLTA ini yang banyak banget ninggalkan moment-moment manis.

Akhirnya semua kehidupan saya itu harus saya potong semenjak masuk kuliah 2012 lalu. Saya berada di lingkungan yang baru, beradaptasi dengan hal-hal yang baru. Berteman dengan orang-orang yang penuh semangat dan membuat saya harus hebat seperti mereka.

Muncullah keinginan untuk baca buku. Pas masih awal-awal dulu baca buku itu membosankan, bikin ngantuk, percuma gak masuk juga ke otak. Itu yang saya rasakan dulu. Pelit kalo sudah urusan beli buku. Gak mau pokoknya beli buku. Sayang uangnya, mendingan buat beli makan aja. Nah ini dia, saya katakan bahwa ini adalah mindsetnya orang bodoh).

Kenapa saya katakan bahwa itu adalah mindsetnya orang bodoh?. Karena hidup ini gak Cuma sekedar buat ngisi perut. Udah ada tuh contohnya makhluk yang Cuma taunya isi perut aja. Orang utan.

Kalo ngaku orang kota, jangan sampai sama ya mindsetnya kayak orang utan. Hehehe

Buku-buku yang saya baca, saya ambil dari kos kakak saya. Saya ambil banyak untuk saya bawa ke kos, tapi keadaan berkata lain. Gak semua saya baca sampai habis. Cuma 1 buku yang saya bacain. Hehe. Emang ya kalo udah malas itu sulit banget buat di buang ke tempat sampah.

Tapi lama-kelamaan saya terbiasa dengan hal itu. Hingga akhirnya kayak gitu tadi, saya merasa nyesal banget, kenapa baru sekarang suka baca bukunya. Orang-orang udah baca beberapa tahun yang lalu, eh kamu baru bacanya sekarang. Jadi serasa orang ketinggalan banget. Sekali lagi, sakitnya tuh disini *nunjuk muka (baca : malu).

Jangan sampai ada kata kenapa baru sekarang lagi baik buat saya ataupun yang baca tulisan ini. saya berbagi pengalaman saya, moga-moga bisa menjadi manfaat buat siapapun. Jangan sampai kata-kata “kenapa baru sekarang” itu nanti muncul juga di fikiran anda.

Jangan sampai ada rasa penyesalan di kemudian hari, apalabila sekarang belum sadar, maka sadarlah segera.

Oiya satu lagi, kalo ada perasaan malas yang masih anda pelihara. Saya punya satu solusi untuk mengatasinya. Solusi ini Cuma satu. Bener-bener cuma satu.

Solusinya adalah ketika anda merasa malas untuk melakukan sesuatu, maka paksalah diri anda untuk melakukannya. Kata kuncinya yaitu PAKSA. Tidak ada solusi lain untuk mengatasi malas selain “paksa.”

Semoga bermanfaat ^^

Salam kenal, bisa ngobrol di twitter >> @akhi_fathur

4 komentar:

  1. gakpapa mas telat kenalan dengan buku, karena lebih baik terlambat daripada sama sekali :)))
    Penulis yang baik adalah pembaca yang rakus haha

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah disadarkannya ketika umur masih ada :D
    Belum terlambat dan takkan terlambat untuke menjadikan diri yg lbh baik lagi :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)