Senin, 05 Januari 2015

Katakan Tidak Pada Beras Merah


Beberapa waktu yang lalu saya menginginkan untuk menjalani hidup yang sehat. Saya ingin menjadi anak kosan yang sehat, bersahaja, baik, bijaksana dan suka menabung. Hallah ~

Hehe. Iya. Benar. Saya menginginkan hidup yang sehat dan semua itu ingin saya mulai dari pola makan saya. Selama ini sebagai orang Indonesia yang berbudi pekerti yang selalu meneruskan budaya bangsa ini yaitu makan nasi. Saya sadari ketergantungan saya dengan nasi ini memang tidak bisa dipisahkan. Karena memang, nasi adalah makanan pokok. “gak makan nasi ya gak kenyang” saya suka dengan semboyan itu. whehehe

Semakin lama saya belajar bahwa kebanyakan makan nasi ternyata gak baik untuk kesehatan di tambah lagi kebiasaan saya sendiri ya yang sangat tidak bagus ini suka makan-makanan dan minuman yang manis-manis seperti orangnya Hehe. Sudah banyak hal saya ketahui, akhirnya saya memutuskan untuk hijrah.

Hijrah dari beras putih ke beras merah, dari yang tadinya nasi putih menjadi nasi merah (Indonesia banget kan gue ??) tak selalu melihat putihnya negara ini, tapi merah yang tumpahan darah para pendiri negara ini pun harus terus di ingat. (plis! Sorakin gue!!).

Ini untuk pertama kalinya saya beli beras merah akhir-akhir November 2014 kemaren. sebelumnya saya tidak pernah tau, beli apalagi sampai mencicipi. Sama sekali tidak pernah. Karena sudah tau bahwa beras merah itu lebih bagus untuk di konsumsi walau harganya bikin anak kosan nelan ludah, yasudahlah gakpapa di beli aja. Sekali-kali nyobain beras merah gitu (baca : sekali-kali >> sekali-saja)

Saya beli 2 kg beras merah. Harganya sama seperti beli 5 kg beras putih. Weleh-weleh. Gakpapa demi hidup sehat. Itu adalah motivasi saat itu yang sekarang udah pudar. Berubah. Menjadi seperti ini bunyi motivasinya yang penting nafsu makan gak hilang lagi.


Setelah beli itu, pulang ke kosan langsung masak. Sambil nungguin sampai berasnya masak, saya main pes dulu. Haha. Skip skip. Akhirnya si beras merahpun masak juga. Ketika rice cookernya di buka, terlihat di dalam tampak nasi rebus (baca : nasi goreng). Iya, warnanya sama seperti nasi goreng. Tapi ingat, Cuma warnanya aja yang seperti nasgor.

Pas saya makan, oh my Allah, aduh mama sayange. Rasanya biasa aja. Gak enak. Masih enak nasi putih. Beneran deh, kirain rasanya enak gitu sesuai warnanya yang kayak nasgor dan harganya yang expensive. Ampun dah, harus begini kah kalau mau hidup sehat? Aduh, sumpah masih gak bisa move on dari beras putih.

Namun karena prinsip saya tidak ingin menjadi hamba Allah yang mubazzir yang kufur nikmat hehehe. (ya kayak begini yang pengen masuk pondok tapi gak kesampaian). Akhirnya berasnya tetap saya makan dan tidak saya buang.

Dari akhir November sampai dengan sekarang beras merahnya masih ada lho. Mungkin sekarang sisa ¼ kg hehe. Saya hemat kan? satu bulan lebih dengan 2 kg beras dan itu belum habis. Bukan. Bukan. Itu bukan hemat. Kau aja keseringan beli makan di luar!


Alih-alih mau hidup sehat, saya justru kehilangan nafsu makan. Bagi saya, seenak apapun lauknya, tetap gak enak kalo makannya sama nasi merah. Iya saya tau beras merah itu rendah glukosa kemudian mengandung asam lemak alfalinolenat, zat besi, vitamin B kompleks dan vitamin A. dan sangat bagus untuk kesehatan. Membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, terus juga membantu pembuatan asam lemak yang penting buat sistem saraf.

Tapi kalo udah kayak gini, terpaksa deh balik ke yang itu tu (kayak orang mau balikan aja ke mantan -_____-) hehehehe. Balik ke beras putih lagi. Daripada nafsu makan hilang, mending makan nasinya entar porsinya agak di kurangin. Betul tak? 

Sudah sudah. Sudah cukup untuk nyobain beras merahnya. Untuk bulan ini, mungkin beras merahnya akan saya habiskan kemudian saya akan……………………

_Katakan tidak pada beras merah lagi_

Hehe…

(Salam hidup sehat)

Salam kenal, yuk ngobrol di twitter @akhi_fathur

10 komentar:

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    BalasHapus
  2. Masa sih beras merah ga enak? Buatku enak2 aja tuh, aku suka *mungkin lidah kita beda selera kali ya.

    Saran buat anak kos kayak kamu: perhatikan asupan gula, rajin2 minum air putih, jgn keseringan minum minuman soda - ga baik buat kesehatan, olahraga teratur, jaga jam istirahat.

    Hidup anak kos!! *ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran yang bagus nih, thanks alfa :)

      Hidup!! *eh hehe

      Hapus
  3. hahaha, saya kira makanin sun beras merah yang buat bayi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. bukan bukan. beras merah untuk orang gede tapi tetep baby face hehe :D

      Hapus
  4. Huahahaha... sini, sini.. aku loh seneng-seneng aja sama beras merah. atau kamu mau nyoba oatmeal, tur? wkwkwk.... banyak orang gak suka tapi aku suka-suka aja. aku bahkan punya stok banyak di kos. biasaaa... lagi diet *ehem*

    tapi, berhubung semester ini aku keseringan di kampus, yaah gak bisa deh ngabisin tuh stok oatmeal ataupun pengen nyoba-nyoba beras merah. bisanya ya cuma makan di kampus yang cuma nyediain nasi putih. duuuh... padahal ngarep banget ada bulek-bulek (duh, keluar bahasa sehari-harinya di bontang xD) kantin yang bakal nyediain beras merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. what?? diet? wkwkwk.. kurangin makan-makanan yang ada garamnya, secukupnya aja.

      hahaha.. bulek-bulek. jadi ingat Bontang na. kamu kalo punya stok makanan berlebih, langsung hubungin aku aja. ak akan menerimanya dengan senang hati kok hehe :D

      Hapus
    2. ntar kalo aku punya stok beras merah, aku kasih kamu tur. hahaha

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)