Minggu, 22 Maret 2020

#10 Hari Menulis Singkat | Jaga Kebersihan Diri Belum lah Cukup

Alhamdulillah…

Terima kasih atas segala perjalanan hidup yang telah membentuk cara berpikir Saya hingga seperti ini. Saya tidak akan mengklaim bahwa Saya adalah manusia terbersih atau apapun itulah. Tetapi, Saya termasuk orang yang cukup peduli atas kebersihan. Terutama kepada diri sendiri. Itu penting!

Namun ternyata setelah adanya korona ini, Saya jadi merasa bahwa menjaga kebersihan diri saja belumlah cukup. Mengapa begitu?

Ya, jadi, untuk masalah kebersihan diri itu gunanya untuk di luar tubuh, fisik luar kita. Dari luar kita harusnya bisa mencegah segala macam penyakit yang berusaha mendekat seperti misalnya penyakit kulit, bakteri, kuman, dll. Sedangkan dari dalam tubuh, kita butuh pertahanan lapis kedua yakni daya tahan tubuh. Ketahanan tubuh inilah yang menjadi hal paling penting apakah kita mudah terserang penyakit atau tidak.

Pada kondisi seperti saat ini, rasa was was yang tengah menghantui, khawatir kalau sampai virus korona masuk ke dalam tubuh Saya, maka yang bisa Saya lakukan adalah tetap menjaga kebersihan diri dan meningkatkan daya tahan tubuh. Saya yang terkadang makannya agak “sembarangan” ini, yang tidak begitu memperhatikan kebutuhan asupan kalori, lemak, protein, vitamin, dan macam-macamnya itu, rasanya dan bahkan seharusnya mengonsumsi asupan vitamin tambahan.

Ya percuma dong kalau sudah jaga kebersihan ternyata daya tahan tubuh Saya lemah, potensi untuk menjadi korban dan siap dimasukkan ke dalam data berita nasional pun besar. Menghindari hal ini, Saya pun menjadi rutin konsumsi vitamin hehehe.

               

Setelah rajin konsumsi vitamin, yang Saya rasakan agak sedikit lebih nyaman dari hari-hari sebelumnya. Tapi entah apakah ini karena paksaan pikiran Saya saja atau memang ada perbedaan dari tubuh Saya yang sebelumnya yang kurang vitamin itu haha. Entahlah, Saya anggap asupan vitamin tambahan ini memang memberikan manfaat karena yang Saya rasakan memang lebih nyaman, lebih semangat, dan positif saja jalani hari-hari.

Saya mengonsumsi Redo*on. Sudah seharusnya Saya lebih peduli lagi terhadap diri sendiri. Tidak hanya kebersihan saja yang Saya utamakan, namun juga peningkatan daya tahan tubuh ini jauh lebih penting.

Di balik teror korona yang sungguh menyebalkan dan menakutkan ini, sesuatu yang dapat Saya ambil adalah orang-orang menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Orang-orang yang tadinya menyepelekan bahayanya hidup “kotor”, kini kepala dan isi kepalanya di gedor-gedor korona yang seakan membawa parang tajam yang siap membunuh.

Lalu bagi mereka yang sudah terbiasa menjaga kebersihan, menjadi lebih sadar lagi terhadap pentingnya peningkatan daya tahan tubuh dengan mengosumsi vitamin tambahan dan berolah raga.

Untuk olah raga, tidak Saya singgung-singgung sejak awal karena, ehem.. kayaknya cukup yah… hahaha

Semoga Saya dan seluruh masyarakat Indonesia yang tidak terjangkit virus korona ini dapat dijauhkan, dihindarkan dan selamat hingga virus ini surut bahkan hilang. Namun, bagi yang sudah terjangkit, semoga sembuh secara penuh, jangan menyerah, yakinkan dalam diri bahwa masih ada semangat hidupmu yang tinggi.

Saya yakin, kita semua mampu melewati virus ini J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)