Selasa, 04 Februari 2014

MABIT jadi kayak acara reunian

Udah lama nih saya gak nulis. bukan karena kehabisan cerita, tapi karena masalah-masalah yang saya lagi hadepin memang harus dipikirin satu per satu untuk dicarikan solusinya. Karena udah terbiasa lama gak nulis, jadi malas juga mau nulis lagi. Di tambah, internet di desa saya susah benget. Pilihannya Cuma dua gak ada internet atau ada internet tapi luambat sekali. Gimana mau update di blog. Jadi ya maklum lah blofathur saya tinggalin tepat 2 bulan. Hehe..


Akhirnya, semangat baru muncul. Pengen nulis lagi. Gara-gara kemaren pas tanggal 1-2 februari 2014, saya ikut acara MABIT (Malam Bina Iman & Taqwa). Alhamdulillah, banyak banget peserta MABITnya. Pesertanya rata-rata pelajar. Jadi makin asik karena banyak anak mudanya yang ikut. 

   Ini pas lagi tadarrusan bersama

Gak di duga-duga ternyata banyak juga alumni SMK 1 tempat sekolahku dulu yang ikut MABIT. Kebetulan juga kita satu angkatan, ada juga kakak dan adek kelas, tapi kita pas masih sekolah dulu memang udah pada kenal satu dengan yang lainnya. Jadi kita yang alumni enjoy aja selama mengikuti kegiatan MABIT tersebut.

Sebelumnya padahal saya juga sambil ajak temen-temen yang lain supaya bisa ikut MABIT. Tapi ada yang malah pengen malam mingguan lah, ada yang gak ada jawaban lah, dll. Tapi ya biarin aja sih, masih banyak juga temen-temen yang lain yang bakal ikut. Padahal kegiatan MABIT begini sangat positif daripada malam mingguan yang kebanyakan anak-anak muda melakukan aktivitas yang sifatnya gitu-gitu aja. Insyaallah, malam mingguan yang sperti pada umumnya di lakukan anak-anak muda itu gak akan menambah pengalaman apalagi amal kebaikan. Yang ada malah antara sial dan dosa. Ya gitu sih kira-kira. Hehe *tamparan keras bung.

Ada cerita yang menarik pas makan malamnya. Jadi kan kita waktu habis magrib tadarrus bersama sampe azan isya. Sholat isya berjamaah, di lanjut ada materi dari salah satu alumni SMK 1 juga. Kebetulan dia dulu adek kelasku. Tapi luarbiasa udah bisa ngisi materi untuk para pelajar. Saya yang lagi duduk-duduk sama temen yang lainnya Cuma geleng-geleng aja. Kebetulan saya megang kamera jadi poto-poto temen yang di depan yang lagi ngasih materi.

    Bambang lagi menyampaikan materi

Seterusnya masih materi dengan orang yang berbeda-beda sampe jam 9.30an malam. Semua pematerinya luarrr biasa. Bisa menggugah anak-anak muda saat itu dengan materinya masing-masing. Bukan luarrr biasa lagi, tapi ruuuuuaaarrrr biasa. Hehe | -lanjut gaaaann!!

Seusai materi, kita makan malam bareng, persis kayak pas bulan romadhon. Kayak buka bareng. Hihihi. Dasyat kan???pokok e Nyesel deh kalo gak ikutan kegiatan yang kayak begini.

Makan malam bersama sekitar jam 9.30 malam

jadi temen-temenku si Farouk, Saad, en si Pirman (panggilan akrabnya “Pire”) makan duluan.

        Temen-temen udah makan duluan dan saya yang di balik kamera :D 

        Dan kalo yang ini, adek-adek kelasku yang narsis :D

“man, ayo makan sudah. Sini sama kita” kata si Farouk.

“yo, bentar. Makan aja duluan.” Saya masih asik poto-poto. Bukan poto narsis lho ya, motoin semuanya. Hehe.. menjelaskan sebelum ada yang ilfil karena salah paham. *senyum kemenangan.

Oke akhirnya saya duduk dan ngambil nasi. Eh, ndak taunya nasi goyeng meeen. Terus porsinya porsi kuli dan kontraktor tambang. Gilee coy, yuuuumm.

Terus si Pire ngeliat, “wih, kok kamu bisa dapet nasi goreng thur?.” kata si Pire sambil pasang ekspresi ngiri buangett.

“ya bisa dong, kan orang ganteng. Makanya Pire woles aja. Jangan kayak orang gak kebagian makan gitu lah.” Sori si fathur agak narsis. Plus nyinggung si Pire juga. Haha..

“thur, masih ada makanan kah ya? Masih laperr aku.” Kata si Pire

“kamu masih lapar kah ya?. Masa yang tadi masih kurang?.” Sambil nanya ke Pire dan ke yang lain juga.

“Iya eh, masih lapar. Kurang tadi itu thur/ man.” Jawab si all (Farouk, Saad, en Pire).

“beghh, perut karet semua ini… Yaudah pire, kamu kalo masih lapar. Mau kah habisin punyaku? Mana habis aku ini.”

“ah, ndak usah aja.” Pire rada genggsi gitu.

“alah, pura-pura aja Pire itu ndak mau padahal aslinya mau itu.. hahahaha.” katanya anak-anak.

“kalo aku yang makan, awas kamu minta ya!!.” Kata Saad sambil mancing Pire.

“ya kalo sama-sama mau aku. Kalo sendiri ya gak enak lah.” Katanya Pire.

“nah, makan dah Pire gak habis aku.” Kataku sambil buka aqua.

“sebenarnya sih masih ada makanan lebih, Cuma buat jaga-jaga aja siapa tau ada yang belum makan. Atau ada yang misalnya nanti ada yang baru dating gitu. Entarlah kalo misalnya ada lebih, tak kasih ke kamu.” Ngejelasin ke temen-temen.

“oh, ndak kok thur. santai aja.” Katanya si Saad

Habis makan, kita cuci tangan. Ya iyalah cuci tangan. Masa cuci baju. Haddeh. Wkwkwk.

Udah, kita udah beres. Kini saatnya kita berpoto ria. Haha.. ya gakpapa lah, kapanlagi.com. 

   Saya bersama Farouk, Pire dan Saad

       Bareng kakak/ adek kelas alumni SMK 1

Jadi, habis makan kita emang poto-poto. Buat di jadikan kenangan manis. Ya gak?. Bisa di jadikan bukti ke anak cucu entar kalo kita-kita dulu adalah anak muda yang aktif. Aktif atas kegiatan sosial, aktif di kegiatan kerohanian, aktif dalam kegiatan-kegiatan positif. Tidak aktif dalam kegiatan-kegiatan nonmanfaat apalagi masa muda di habisin untuk hura-hura plus “pacaran”. Rugi, rugi sekali. Apa gak menjadi 1 motivasi dan menjadi inspirasi untuk anak dan cucu. Ya gak?. Pemuda-pemuda islam tu sehat raganya, sehat pula pemikirannya. Keren coy kita ini. Hehe *cukur kumis ahh.

Malamnya kita tidur di lantai 2 mesjid. Dan saya secara pribadi susah tidur. Pertama, Karena emang udah banyak cerita bareng temen-temen. Kedua, karena belum terbiasa sama tempat yang baru. Memang harus adaptasi dulu untuk beberapa jam.

Entah kita semua pada tidur jam berapa. Yang jelas saya Cuma tidur angin-anginan. Di tambah dingin banget pas malam harinya.

Jam 3 malam kita bangun, kita sholat tahajjud. Sempat saya poto moment-moment tahajjudnya. Hehe

     Ketika sholat tahjjud

“Terus kamu ndak solat dong? Sibuk poto-poto. “

“Yeey, saya juga sholat kali. Cuma witirnya sendiri.”

“Ohh…”

“jedotin pala ke tembok nih..” canda becanda. Ngek.. ngek.. ngek..

Usai tahjjud, kita tadarrus bentar masing-masing. Habis tadirrus kita ke lantai dua. Kita ngobrol-ngobrol lagi. Pokoknya banyak ketawanya deh. Habis kita bully Pire dengan sesuka hati.

Hehehe…

 Ada yang dzikir dan ada yang tadrrus, salah satu pelajar sedang tadarrus

       Farouk lagi tadarrus


Tapi kita bullynya gak aneh-aneh kok. Kita Cuma cerita ulang pas kita masih sekolah dulu. Terus cerita-cerita tentang mantannya pire. Hem.

Terus si Pire senyum-senyum kecut. Haha..

Banyak cerita, banyak ketawa. Keseruan-keseruan lainnya banyak banget. Kita ngobrol dari jam 4 sampe masuk waktu subuh.

       Si Pire lagi di bully 

Kita sholat subuh berjamaah, habis subuh kita dapat materi lagi dari ust. Irsyan. Beliau dari bogor, lulusan IPB. Subhanallah, materinya muantep banaarrr. Kita sibuk mendengarkan, gak ada celah mata ngantuk. Karena materinya asik, penyampaiannya juga asik. Puas deh sama materinya.

     Ust. Irsyan menyampaikan materi

Beliau juga sambil menyinggung nyinggung ABABIL (abege labil) . haha..

Ada 1 point yang bisa di ingat dari materi beliau.

Beliau mengatakan, “biarin aja kalo kita di katain sok alim. Daripada di katain sok kafir.” Kita pada ketawa-ketawaan, karena beliau juga nyampaikan materinya sambil logat- logat sunda.

Bener yang di katakan beliau itu. Buat apa malu, minder, patah semangat Cuma karena di katain “sok alim.” Malah justru seharusnya bersyukur di katain kayak begitu daripada di katain “sok kafir” kan lebih sakit. Artinya alim kan (berilmu). Jadi artinya, sok berilmu lu. Jawabin aja, “daripada lu, kagak berilmu”.” Hehe..

Selesai materi. Kita olahraga pagi, seru olahraganya. Gak malu-maluin seperti pada umumnya. Hahay..

    Senam pagi, semangat pagi!!

Habis senam kita poto bareng, dan kembali ke tempat acara sambil kemas-kemas. Akhirnya kita kembali kerumah masing-masing dengan membawa ilmu yang baru untuk di amalkan dan untuk di share kan ke teman-teman yang lainnya yang belum dapat kesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Minimal kita pulang, kita sudah berada 1 level di atas temen-temen kita yang lainnya. Kita lanjut lagi MABIT untuk bulan depan, semoga kita bisa jumpa kembali kawan-kawan yang SUPER. J


   Poto bareng seluruh anggota MABIT

Pesan Moral : Selagi masih muda, selagi masih kuat. Gunakan potensi besar itu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Kemudian,  Mencoba dan mengikuti terlebih dahulu lebih jelas apa yang akan di dapat daripada mendengarkan informasi-informasi yang salah (fitnah) terlebih dahulu sehingga kita menjadi malas untuk mencobanya dan pada akhirnya berujung kerugian buat diri sendiri, “Bukan kerugian pada oranglain.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)