Senin, 22 September 2014

Masuk Lubang Bekicot


Tau istilah “masuk lubang buaya” ?. ya, itu maksudnya mau cari mati. Saya tidak menggunakan istilah itu karena saya masih hidup dan baik-baik aja sampai dengan sekarang. Maka tepatnya saya menggunakan istilah “masuk lubang bekicot.” Hehe..

Beberapa hari yang lalu ketika saya jalan keluar bersama teman saya. Kami keluar dari sore sampai malam. Ya bisa di bilang sambil refreshing karena semingguan kuliah terus. Keliling kota sambil mencari barang yang mau saya beli tapi pada akhirnya gak ada. Gak ada barang yang ori. Yasudah lah mau gak mau pulang aja.
Kemudian di jalan saya bilang ke teman saya tersebut kalo saya mau nginap di kosnya. Jadi sesampai di kos, saya langsung ambil barang-barang wajib (laptop, charger, hp, dan botol minum). Soalnya sampai kosnya saya mau online sepuasnya. Hehe.

Terus setelah semua barang wajib sudah masuk dalam tas, kamipun pergi. Di depan gang saya kena macet. Wah, macet itu ngeselin banget. Sumpek, membosankan, banyak orang egois, dsb. Dan itu harus setiap hari saya rasakan. Makanya sekarang kalo saya mau ke kampus, mendingan jalan kaki. Daripada naik motor dan harus bersabar, mendingan jalan kaki. Itung-itung olahraga. #Ciyaaaaaah

Nah, setelah bebas dari macet parah itu saya kembali seperti biasa berkendara dengan tenang dan santai. Saya bilang ke teman saya, “ayo cari makan. Udah lapar banget e.”

Waktu itu saya benar-benar merasa lapar. Sangat lapar. Ingin saya rasanya makan banyak malam itu. kemudian saya bilang kepada teman saya. “Cari tempat makan yang murah dan banyak !.” hehe..

Yah maklum lah, kalo status udah jadi mahasiswa, anak kosan dan jauh dari orangtua (perantau) pasti cari makan yang sesuai dengan dompet. Cari makan yang Murah dan banyak. Lupakan rasanya, Yang penting banyak. :D

Kami berniat ingin membeli nasi goreng langganan. Sampai sana ternyata gerobaknya masih di siap-siapin. Kemudian kami beruding sebentar dan lanjut cari makan di tempat lain alias solusi yang kedua. Kami jalan dan ternyata nasi goreng tersebut tutup. Sial. Perut sudah gak bisa saya tahan lagi. Rasa laparnya sudah gak nahan.

Tapi teman saya tiba-tiba bilang, “thur, mau makan nasi goreng jumbo kah?.”

“berapan harganya.” Tanya saya. Biasa, harga duluan yang di liat. hehe

“waduh harganya sih gak tau. Tapi kayaknya itu banyak. Gakpapalah kita cobain sekali-sekali. gak ada salahnya kan nyoba?.”

“yaudah ayo, yang penting bisa cepat makan. Udah lapar sekali aku ini. palingan juga harganya gak sampe 20 ribu.”

Yasudah kita jalan lagi dan akhirnya sampai juga di tempat yang di maksud. Kita masuk ke tempat makan tersebut. kemudian pelayannya samperin kami dan ngasih daftar makanan kepada kami. pertama kali saya liat daftar tersebut. Sepontan saya komentar “Astagfirulloh, harga apa ini.”

Kami berdua kaget sama harga makanannya. Padahal tempat makan tersebut biasa-biasa aja. Gak ada mewah-mewahnya menurut saya. Dan itu sepi sekali. Sebenarnya kami udah sempet mau gak jadi beli makan di situ. Tapi ya mau gimana. Keluar juga gak enak. Udah terlanjur masuk lubang bekicot. #sialsial

Teman saya bilang, “yasudah kamu gak usah beli aja thur. Biar aku aja yang beli. Ntar biar kamu nyantap aja dulu. Yang penting bisa nunda lapar sebentar.”

“yasudah kalo gitu.” jawab saya yang masih dalam keadaan kesal karena udah salah temapat. Masuk lubang bekicot tersebut.

Bisa saya katakan di tempat makan tersebut bukanlah tempat yang tepat untuk mahasiswa. Disana cocoknya untuk orang cina !!!.

Sambil merasa kesal dan jengkel tapi sambil ketawa-ketawa sama teman saya tersebut. Kita masih gak nyangka aja hargnya semahal itu. Dan saya gak beli apa-apa waktu itu. Saya lebih milih nahan lapar daripada harus pesan makanan di lubang bekicot itu. Bukannya perhitungan, tapi saya masih punya otak.

Jadi, harga-harga yang ada di tempat makan tersebut yang saya ingat adalah :

Nasi goreng = Rp. 29.000
Es teh (gelasnya kecil dan gak manis) = Rp. 4.500
Telur dadar = Rp. 24.000
Gak ada harga makanan di bawah Rp. 20.000an

Kalo di jumlahin (nasgor dan es teh), itu sama aja seperti saya beli bensin 5 liter. Dan nasi gorengnya, Cuma nasi goreng aja. Gak pake ayam dan gak pake telur. Padahal harga nasi goreng pada umumnya dari 6 ribu sampai 8 ribuan. Dan yang di deket kos saya harganya 9 ribu kalo pake telur. Dan itu banyak !.

Wah parah, sempat nyesel juga sih sudah singgah di lubang bekicot tersebut. Dan sembari nunggu nasi gorengnya datang, saya dan teman saya ketawa-ketawa terus ngomongin hari sial + apesnya kami hari itu. Dan teman saya bilang, “udahlah, kita kesini Cuma sekali seumur hidup. Gak bakal aku kesini lagi. hahaha.”

“Iyalah, aku juga gak bakal kesini lagi. Cukup ini aja.” Jawab saya sambil ketawa-ketawa.

Coba bayangin, dengan harga nasi goreng segitu kalo saya beli di luar, Saya bisa beli empat bungkus nasi goreng kalo harganya 8 ribuan. Itu bisa ngasih 4 orang makan lo. Gak Cuma makan sendiri. Jadi perut terisi, perut orang lain juga terisi. Udah kenyang, dapat pahala lagi. ya gak?.

Selama kami ngobrol, mas pelayannya dari awal sesekali melihat kami dan kayaknya mengerti sekali apa yang ada di dalam fikiran dan obrolan kami. Kayaknya masnya itu sangat paham kalo kami mahasiswa pas-pasan. Dari tatapan masnya itu, muncul bayangan sambil masnya berkata,

“kalian nyesel ya datang kesini?. Saya tau kok kalo kalian mahasiswa. Soalnya saya juga mahasiswa. Saya disini kerja buat nambah-nambah uang saku.”

Mas pelayannya itu kayak ngerti sekali kalo kita nyesal banget dateng kesitu. Itu yang saya lihat.

Dan makananya pun datang. Ternyata memang benar bahwa porsinya porsi jumbo. Tapi sebenarnya sama aja kayak kita beli nasi goreng dua bungkus. Tetap aja mahal kan?. Dan teman saya suruh saya makan juga soalnya dia bilang dia gak habis dengan porsi yang begitu. Oke saya makan juga. Soalnya di kasih piring 2 sama mas pelayan yang daritadi kayak nyimak pembicaraan kami. Udah saya bilang kan kalo masnya itu ngerti banget kalo kami nyesal datang kesitu. Haha.

Demi menjaga persaan pihak lain, obrolan kami berlanjut di WA. Jadi posisi duduk kami sebanarnya berhadapan 1 meja, tapi kami chatingan lewat WA. Haha. Itu konyol banget.

Ini dia obrolan kami,

 obrolan di WA yang saya simpan :D


Sehabis makan kita pulang. Pas kita lagi ngambil motor, datanglah seseorang pake topi dan berompi orange sambil bawa peluit dan mendekati kita. Siapa dia ?... Dialah si pemalak “legal.” Orang yang sangat ngeselin setelah lubang bekicot tersebut.

Si pemalak “legal” ini adalah manusia yang sangat-sangat menyebalkan karena dia minta uang kita padahal dia sebenarnya gak benar-benar jaga kendaraan kita. ya tidak semua pemalak legal ini buruk sih. Tapi kebanyakan dari mereka sperti itu. dan itu jadi profesi yang sangat mengntungkan namun merugikan orang lain.

Kalo harga parkir Rp. 1000/permotor. dalam waktu 1 jam ada 30 motor maka dalam 1 jam dia dapat uang Rp. 30.000. itu baru 1 jam. Bagaimana kalo dia kerja 8 jam pagi sampe sore dan 3 jam di malam hari. Dia bisa dapat uang Rp. 330.000 perhari apabila jumlah motor konstan dalam perharinya.

Itu baru motor, bagaimana dengan mobil yang tarifnya Rp. 2000. Itu dengan harga parkir yang seribuan. Di tempat lain, harga parkir itu Rp. 2000an. Di Kalimantan dan Sulawesi harga parkiran segitu untuk motor. Dan untuk mobil biasanya Rp. 4000. Itu luarbiasa banget. Pendapatan seorang tukang parkir bisa sampe segitunya.

Bisa ngalah-ngalahin gaji PNS tuh. Perbedaannya, kalo PNS dapat uangnya tiap bulan. Tapi kalo tukang parkir dapatnya perhari sob. Ajib lu kir.

Kalo preman malakin uang, yang ada di pandangan kita yaitu jahat, tidak terpuji, buruk dan illegal. Tapi kalo seorang tukang parkir, kita udah nganggap bahwa itu hal biasa aja. Yaiyalah biasa aja. Namanya juga Si Pemalak “legal” iya gak?.

Jadi begitulah kemaren yang saya alami. Kadang-kadang kesialan itu datang di saat kita tak menginginkannya. Ya iyalah. Siapa juga yang mau dapat sial.

Kesialan itu tamu yang tak diundang dan datangnya secara tiba-tiba padahal kita tak mengharapkannya. So, itu kesialan saya. Mana Kesialanmu? Atau sudah banyak ngoleksi kesialan?. Hehe..


Salam kenal dan untuk lebih kenal atau sekedar ngobrol-ngobrol Follow aja twitter saya : @akhi_fathur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)