Jumat, 11 Maret 2016

Semangat Super Saiya


Apa yang ada dipikiran kalian ketika membaca judul tulisan ini? Childish? –Mungkin itu kesimpulan yang terlalu cepat.

Baiklah abaikan.

Jadi ceritanya sekitar dua hari yang lalu pas saya mau ketemu dengan ibu kos. Tau sendiri lah ya kira-kira-kira pertemuan itu untuk apa? Yap. Untuk melakukan transaksi sakral dimana anak kos menyerahkan beberapa tumpuk rupiah kepada ibu kos untuk menyambung hidup dan jatah tidur di kediamannya.

Setelah beberapa kali ngetuk pintu rumahnya, nggak juga ada yang kunjung membukakan pintu. Rumah tersebut memang lagi sepi-sepinya. Padahal biasanya hampir setiap hari ada bapak/ ibu kos nonton TV yang kelihatan dari luar.

Kemudian saya mantapkan untuk ngetuk terakhir kalinya, kalo sampai nggak di bukakan juga, berarti ibu kosnya lagi nggak butuh duit.

Oke saya pergi.

Saya pergi mondar-mandir di sekitaran tempat latihan dance dan alat-alat fitness. Kebetulan kos saya ini di lantai 1 nya itu tempat latihan dance dan juga bekas tempat latihan fitness. Sedangkan kos-kosannya ada di lantai 2. Kira-kira seperti itu kosan saya.

“Ini bayar nggak ya? Ini bayar nggak?” sambil mondar-mandir. Bukannya apa-apa sih. Cuma takut kilap aja kalo misal uang sebanyak itu lama-lama di tangan saya yang sudah berliuran. Apalagi saya pengen banget beli gitar, makin kuatlah godaan dari setan.

Terus nggak sengaja saya melihat kearah kaca berukuran besar di tempat dance tersebut. Seluruh tubuh saya ada di kaca itu. Hmmm. Mirip banget ya ternyata sama Adam Levine. Cuma kurang brewoknya aja, kurang tinggi juga, kurang modis, kurang tirus, dan kurang ajar namanya sudah nyama-nyamain kakak sendiri. Oke, sampai sini saya sadar makin ngacok.

Ini mas Adam

Sambil melihat-lihat dari atas sampai bawah, saya perhatikan baik-baik sambil ngomong sendiri. “Seharusnya aku tetap konsisten olahraga seperti dulu. Ingat baik-baik, dulu pas masih SMP sampai lulus SMK, kamu itu rajin banget olahraga. Kamu itu terobsesi banget punya fisik yang kuat dan punya body yang 11-25 kayak Goku. Ingat lagi itu.”

“Ingat juga, kamu latihan hampir tiap hari dan mulai kelihatan hasilnya pas sudah lulus sekolah. Badanmu nggak lagi kurus kayak kunci motor. Otot tanganmu ada. Otot bahumu mulai nonjol, otot sayap mulai terbentuk, dadamu juga terbentuk, begitupun perutmu. Mana semangat super saiyamu itu? Kok hilang sekarang? kan sayang banget.”



Beberapa menit di depan kaca sambil ngomong dalam hati. Kebetulan pas itu lagi sepi. Nggak ada satupun orang. Makanya saya berani lama-lama di depan kaca itu sambil menghayal kemana-mana.

Apa yang saya omongkan dalam hati itu emang bener sih. Ada perbedaan yang sangat mencolok antara saya waktu jaman sekolah dulu dengan saya sekarang. Yaitu males olahraga. Padahal dulu saya semangat banget kalo udah olahraga.

Kalo sudah jogging, saya lari dari rumah sampai lapangan bola di langlang (nama lapangan bola di kota saya). Kira-kira jaraknya sekitar 2 km. Itu tanpa henti. Terus lanjut lagi ngelilingi lapangan bola tersebut 7 kali putaran tanpa henti juga. Jaman itu pas saya masih punya nafas kuda.

Kalo di rumah. Push up sebanyak-banyaknya. Sit up pun juga. Tapi untuk sit up ini saya targetkan. 200 kali dalam sehari. Beda dengan push up. Sebisanya saya aja. Kalo lagi nggak ada kegiatan, ya saya push up.


Sampai-sampai kakak saya pernah bilang. “kamu mau jadi apa sih. push up push up terus? Tiap hari kamu tu kulihat push up di kamar. Mungkin kalo kamu tinggal di Samarinda, terus kena macet, mungkin kamu udah turun dari motor, terus push up push up di jalan.”

Dan…. Seketika rumah saya penuh gelak tawa. Yah.. lagi-lagi saya di bully dengan sangat teramat ikhlas.

Selain itu juga, dulu saya pernah ikut bela diri. Terakhir yang saya ikuti adalah Tifan Po khan. Salah satu bela diri yang di adobsi dari cina yang di khususkan untuk muslim yang ingin punya kemampuan bela diri. Kira-kira seperti itu.

mujahidthifan.wordpress.com

Nah, karena saya masih punya semangat-semangatnya fighting waktu itu. Saya seringkali mencari teman yang bisa di ajak separing. Bahkan saya rela ngunjungin rumah teman saya malam-malam Cuma buat ngajak separing. Bayangin. Betapa nggak pentingnya masa lalu itu.

Karena satu yang ada di fikiran saya. Saya pengen jadi orang kuat seperti Goku. Motivasi terbesar saya kenapa saya rajin olahraga ya karena film dragonball. Agak kekanak-kanakan sih cara pikirnya. Tapi ini juga bisa di tiru buat jadi alasan dasar untuk punya semangat berolahraga. Saya pikir tidak ada yang salah.

Yang salah itu ketika kita lagi nolong ibu-ibu yang lagi di jambret, terus pas kita ngelawan premen tersebut, kita minta durasi buat berubah menjadi super saiya 3. Nah ini baru salah. Ini baru kekanak-kanakan. Soalnya udah nggak logis lagi.

Dulu, setiap hari di kelas saya, anak-anak suka banget main panco. Entah kenapa di kelas saya itu getol banget pengen jadi yang paling kuat. Kadang-kadang saya juga diajak. “eh Goku, sini kau. Katanya kamu kuat. Ayo panco.”

Kadang sih saya layanin. Tapi kalo udah main panco sama bos-bosnya di kelas itu, seketika saya merasa bukan Goku lagi. hahaha


Solanya, kalo main panco. Saya lebih kuat kidal. Ketimbang kanan. Kadang sih menang juga kok. Masa Goku kalah?

Nah, tapi itu dulu. Semua berubah ketika saya harus pergi ke kota lain buat kuliah. Saya harus adaptasi disana. Saya harus hidup mandiri. Saya harus menjalani semuanya sendiri. Bukan karena jomblo loh ya. Tapi karena adaptasi! AWAS SALAH FOKUS !!

Saya yang tadinya punya semangat buat olahraga. Pelan-pelan mulai pudar semangat itu. Awalnya karena nunda-nuda. “Ah, nanti aja. Ah besok aja. Lapangan jauh. Mau jogging dimana coba di kota kayak begini. Rame banget lagi.” pelan-pelan cara pikirnya mulai berubah.

Sekali dua kali nunda. Lama-lama seminggu, Sebulan. 3 bulan. Setahun. Saya nunda-nundanya udah kayak orang tahlilan.

Alhasil, saya jadi malas olahraga. Selain malas olahraga. Pola makan saya juga jadi berantakan. Di tambah lagi tugas-tugas kuliah yang sering numpuk kayak tanah bangunan. Seringkali saya tidur larut malam. Jadinya jam tidur pun juga ikut terganggu. Pas paginya, lebih milih tidur lagi daripada olahraga. Rusak semuanya. Rusak !!!

Saya khawatir sekali kalo saya sampai kena penyakit kayak penyakitnya orang-orang tua. Teman-teman saya sudah ada yang kena korestrol dan jantung. Padahal mereka seumuran dengan saya. 20++

Bayangin, usia 20++ udah kena penyakit orangtua gitu. Nggak usah ngomongin orang lain, saya kembalikan  pada diri saya sendiri yang sudah kacau pola hidupnya ini. Ditambah saya suka makanan dan minuman yang manis-manis lagi. selain pemanis, saya juga suka banget makanan yang asin-asin. Ternyata baru saya sadari, bahwa saya melewati batas rasa. Berlebihan dalam rasa manis dan asin.

Sudah saatnya saya punya pasangan yang bisa ngingatin. Kamu sudah olahraga hari ini? Hahaha.

Masa dari jaman google masih muda sampai jadi mbah-mbah, pertanyaannya itu-itu terus? “kamu sudah makan?.” –Ah kentut.

Waktu itu saya di sadarkan oleh teman-teman saya. Yang membuat es teh dan bakar sate ayamnya kebetulan saya. Setelah saya hidangkan, mereka nggak bisa makan. Karena es teh dan satenya, terlalu manis dan terlalu asin. Nah, kan. ini fatal banget.

Selain itu mereka juga menyadarkan saya. Katanya, kalo orang yang suka asin-asin itu, susah nikah. nikahnya lambat.”

“Oh begitu ya?” jawab saya sambil masang muka stroke.


Akhirnya sekarang saya jadi sadar banget, bahwa penyakit-penyakit itu sebenarnya kita sendiri yang ngundang. Hidup sehat itu memang nggak enak. Serius nggak enak. Harus jaga makanlah, harus mau olahraga, dll. Tapi di balik ke nggak enakan itu, ada hadiah besar yang akan kita dapatkan.

Apa itu?

Kita akan merasakan hidup lebih sehat di usia-usia yang rentan kena penyakit. Mungkin sekarang bebas, kita malas olahraga. Makan siap saji terus. Makan-makanan berlemak. Semuanya masih bebas tanpa mikirin bakal kumat asam urat atau mungkin tekanan darah tinggi.

Tapi ingat, mengutip dari perkatan dosen saya, Pak Dian.

Beliau bilang, “kalo anda hari ini merasakan hidup enak, bisa jadi yang enak itu akan habis hari ini. Misalnya anda doyan makan daging, atau minuman-minuman bersoda. Suatu hari nanti, anda pasti nggak akan bisa lagi makan dan minum seperti itu. Anda juga suka senang-senang, joget-joget di tempat dangdutan yang penyanyinya seronok, ada masanya anda nggak bisa seperti itu lagi. karena semua itu sudah anda habiskan hari ini.  Sama halnya juga, kalo anda hari ini masih hidup susah, makan seadanya, anda hidup hemat, makan sayur, minum jamu. Suatu hari nanti, anda pasti masih bisa makan-makanan yang enak juga. Pas anda sudah tua, mungkin anda masih bisa makan danging atau makan-makanan sekelas MCD. Kenapa? Karena hari ini anda sudah habiskan yang nggak enak-enaknya. Makanya, anda harus sadari, kalo emang harus makan tempe. Yasudah makan tempe aja."

Satu kelas ketawa. Kami ketawa karena cara bicara dan intonasi beliau yang sangat khas. Beliau memang lucu.

Walaupun seperti gurauan, tapi saya pikir kata-kata beliau itu ada benarnya juga.

Sekarang, saya mau munculkan lagi semangat-semangat super saiya yang pernah saya rasakan itu. Saya mau semangat lagi olahraga. Biar pas udah masuk usia 30an atau 40an, penyakit-penyakit yang mulai berdatangan itu, bisa di minimalisir dari sekarang. Mudah-mudahan juga karena rajin olahraga dan tetap jaga pola hidup, pas udah umur 30 atau 40 tahun, masih tetap keren macam mas Ronaldo dan bang David 

31 tahun

40 tahun

Sejak hari senin kemaren saya sudah ngajakin beberapa teman saya agar dalam seminggu, kita semua harus olahraga. Minimal 1 kali dalam seminggu. Jangan main dota terus. Entar mati di kosan, dunia nggak tau. 

Alhamdulillah, banyak yang mau ikut. Karena mereka juga sadar, sudah nggak pernah olahraga lagi selama kuliah.

Banyak sekali perubahan yang terjadi pada teman-teman saya. Pas masih jadi maba, mereka kurus kayak orang kurang vitamin. Tapi sekarang? Pipi, perut, paha, semuanya jadi gede. Terutama perut, rata-rata teman-teman saya mulai buncit.

Saya pun juga mengalami perubahan. Sekarang, mulai dari dada sampai perut, udah rata. Persis kayak aspal baru di benerin. Kalo dari samping, bisa di garis horizontal tanpa penggaris. Benar-benar datar.

Kemaren saya buat group di LINE khusus tentang agenda olahraga seminggu sekali ini. Nama groupnya, “Sadar U 30+.” Hahahahaha. Bingung? Oke saya jelaskan.

Maksudnya adalah agar kita semua sadar pada usia 30an nanti mau seperti apa? Mau sakit-sakitan, mau buncit, atau mau tetap punya postur tubuh yang ideal sekaligus tetap sehat? Itu maksud saya. makanya nama group tersebut “Sadar U 30+”

Agenda ini akan saya mulai sabtu besok. Saya harap saya bisa menularkan semangat super saiya ini kepada teman-teman saya. Biar orang-orang terdekat saya sadar tentang pentingnya olahraga.

Tentang super saiya, sebenarnya itu hanya istilah saya aja. Saya menjadikan super saiya itu sebagai motivasi saya biar semangat menjaga kesehatan, semangat olahraga. Motivasi orang itu beda-beda. Mungkin saya motivasinya karena super saiya. Karena film kartun. Karena Goku yang selalu semangat latihan yang akhirnya jadi super saiya.

Kalo kalian? Kalian harus menemukan motivasi tersendiri kenapa mau olahraga. Kalo motivasi itu sudah kalian temukan, pasti kalian akan semangat buat olahraga. Sekalipun lagi malas-malasnya, pasti rasa malas itu akan kalah sama motivasi tersebut. 

Untuk para pembaca, hadirkan juga semangat super saiyanya ya. Jangan malas olahraga, karena kita nggak pernah tau penyakit apa yang akan menyerang kita pas sudah masuk usia 30an nanti. Iya nggak?

SEMANGAT :)

8 komentar:

  1. Kalo dulu gue pernah gila banget sama olahraga. Motivasinya biar di ritwit sama deddy corbuzier. Iya dulu gue ikut OCD, tau kan? Hampir dua minggu gak makan berkarbohidrat, ngemilnya pun ngemil sehat, roti gandum. Tapi gak ada ngaruhnya. Sekarang bodo amatlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. kalo masalah makanan, kita sama her. bodo amat !

      yang penting jangan sampe malas olahraga bung hehe

      Hapus
  2. kita kebalikan deh ya tur. dulu gw jamannya SMA jarang banget olahraga. Sekarang udah rajinnnnn banget nget nget. Udah aware sama kesehatan, gak ngebiasain makanan gak sehat. Tapi emang ngaruh banget ke badan. Lebih fit dan nafasnya jadi lebih panjang.

    Oh bener ya. Udah bukan jamannya punya pasangan yang ngingetin "udah makan belum?' , tapi yang ngingetin 'udah olahraga belum?' wkwkwk

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice,, di pertahankan itu..

      yomaaan.. kalo masalah olahraga memang harus di ingetin, biar tetep bugar ^^

      Hapus
  3. Walah mengagumi badan sendiri dan didorong obsesi untuk lebih seksi, awas takut gejala Gay. hehehe. Becanda.

    Saya sih saranin kalau bikin artikel begini, membandingkan badan pribadi, jangan malu memfoto badan sendiri. Kamu mah malah menebar banyak foto cowok. kesannya ada yang terselubung,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. haha. jadi ketawa sendiri aku din..

      Tapi insyaallah.. aman terkendali kok. sungguh saya masih waras bro ^^

      Hapus
  4. Huahahahahaha bisa banget ngerasa mirip Adam Levine. Aku sebagai istrinya, nggak terima loh. (LAH MALAH AKU YANG LEBIH PARAH NGEKHAYALNYA)

    Bener tuh kata Kakak kamu,Thur. Mungkin kalau kamu tinggal di Samarinda, pas macet kamu push up di jalanan. Pas sore-sore lagi macet-macetnya. Tambah bikin macet deh. Huahahahahah.

    Serem yak kalau di umur 20an udah kena penyakit orangtua. Jangan sampe deh. Semangat olahraga! Aku jadi kangen jogging nih. Semenjak keluar dari rumah sakit udah nggak pernah lagi jogging. Huhuhu. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. what? kamu membenarkan kata2 kakakku cha? haha

      ayo semangat olahraga juga, biar hidup sehat sampe tua :D

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)