Sabtu, 02 Agustus 2014

Jam Tanganku vs Tikus yang rakus

jam tangan tangguh selalu nempel di tangan kiri saya 

Ooooh,,gak terasa saya sudah seminggu lebih 3 hari di Bontang. Dan gak terasa juga lebaran sudah hampir seminggu. Padahal sebelumnya saya sudah gak ada fikiran bakal lebaran di Bontang. Tapi Alhamdulillah tahun ini masih sempat ngerasakan puasa bersama keluarga walau Cuma sebentar hingga lebaran. Mudah-mudahan tahun depan masih bisa merasakan puasa bersama keluarga lagi. amiin.

Yap, tahun 2014 ini sangat menyenangkan karena di Indonesia lebarannya sama. Gak berbeda antara Muhammadiyah dan NU. Kalo lebarannya beda kan gak seru tuh. Ada yang lebarannya hari ini dan ada yang besok. Itu gak seru banget. Kebetulan tahun ini sama. Yaitu dalam menetapkan 1 syawal 1435 H jatuh pada hari senin (28 juli 2014) kemaren.


Malam takbiran saya sih di rumah aja. Mau keluar tapi bingung mau kemana. Ya gitu kalo udah di Bontang, pasti bawaannya bingung mau kemana. Soalnya emang gak ada apa-apa di Bontang ini menurut saya.

Jadilah malam takbiran di rumah aja, bantu-bantu orang tua. Bantu nyicip-nyicip makanan di dapur hehehe.. soalnya beberapa bulan sebelumnya jarang makan enak. Jadi kesahnya balas dendam gitu. Balas dendam plus perbaikan gizi. Positif bukan?. Ini nih contohnya anak yang berbakti.

Eh, tapi enggak kok. Memang beneran saya bantu-bantu orang tua. Kalo seandainya saya jalan, terus yang bantu-bantu orang tua siapa. Yang angkat-angkat meja, kulkas, dan sebagainya. Kasian kalo bapak angkat sendiri ataupun berdua sama ibu.

Nah, jadi malam itu memang di rumah lagi sibuk-sibuknya persiapan untuk lebaran besok. Nata ruang, bersih-bersih, nyusun dan mindahin barang-barang rumah khusus di hari berbahagianya umat islam.

Setelah semuanya udah pada beres, sisanya saya pakai buat nonton tv mulai dari jam 22.30an sampai jam 01.00 WITA. Saya tidur jam 1, tapi rumah gak bisa tenang. Suara-suara tikus yang berlarian, bikin emosi. Tapi akhinya ketiduran juga.

Besoknya pas saya sudah siap mau berangkat ke mesjid buat sholat Id, saya ambil jam tangan saya di meja kamar, kemudian saya pake. Kemudian berangkat ke mesjid al istiqomah (mesjid andalan dari zaman sebelum reformasi dulu ) dengan wajah yang ceria penuh tebar pesona seolah-olah di iringi lagu “Hari yang Cerah” (by Peterpan) padahal gak ada orang hehehe..

Usai solat Id di lanjut dengan khutbah. Sambil mendengarkan, gak sengaja saya lihat jam tangan saya dan ternyata banyak lecet-lecetnya. Saya coba ingat-ingat, ini jam tangan kapan jatuhnya ya. Oh enggak-engak, ini jam tangan kapan saya bawa jatuh ya. Oh enggak-enggak, ini jam tangan kayaknya di gigitin sama koruptor nih kayaknya.. arrrrrrgggghhhhh tiiidaaaaak.

jadi begini jam tanganku setelah di gigitin sama tikus rakus itu

Berusaha tetap tenang dan diam di antara para jamaah, padahal di dalam hati lagi dongkol. Jadi, setengah khutbah kebelakang hati saya dongkol gara-gara si koruptor itu. Yang saya fikirkan saat itu adalah emang gak ada makanan lagi apa sampai-sampai jam tanganku di incar juga. Padahal di belakang rumah banyak makanan-makanan sisa yang di buang karena basi atau karena gak kemakan lagi di rumah.

Atau kalo emang kurang, itu lo di meja tamu ada kue-kue nastar, yupi-yupi, permen, ale-ale, putri salju, putri malu.. aaahh,, apalah semua itu namanya. Kenapa juga harus jam tanganku yang kau incar. Dasar tikus rakus. Gak di rumah gak di Negara elu sama aje, RAKUS. Makanannya sembarangan, semua elu embat. Pas mati lu bau bangke, di penuhi ulat-ulat menjijikkan pula.

Dasar ya tikus rakus. Saya masih gak habis fikir, ni tikus kapan masuk ke kamar saya. Padahal kamar saya selalu saya tutup rapat kayak botol kecap baru beli.

Saya sayang sekali sama jam tangan saya. soalnya jam tangan saya ini adalah saksi bisu kehidupan saya selama 2 tahun ini. ceilleh.

Iya beneran, menjadi saksi bisu. Oke saya ceritakan sedikit apa saja yang terjadi sama jam tangan saya ini.

Dulu, saya belinya di bulan januari 2012, pas mau mendekati UN. Ini adalah jam tangan termahal yang saya punya. Untuk bisa membeli 1 jam tangan aja sama kayak kalo seandainya saya beli 2 celana jeans distro, 1 jemper distro dan 1 kaos distro. Huh.

Saya memutuskan untuk membeli jam tangan mahal adalah biar awet. Biar gak cepat rusak. Biar gak ganti-ganti lagi. soalnya sebelumnya saya selalu beli jam tangan murahan dan akhirnya Cuma bertahan 1 bulan atau paling lama 3 bulan. Habis itu rusak dan akhirnya saya vakum pake jam tangan sampai 2012 lalu.

Nah, hari pertama pake jam tangan disekolah, di bilang gaya lah, apalah ya walaupun yang bilang begitu makhluk yang norak aja. Hehe.. ya maklum saya di olokin begitu karena dari kelas 1 smk sampai kelas 3, saya gak pernah pake aksesoris-aksesoris.

UN pun datang dan selesai UN sembari menunggu pengumuman saya pun sambil lamar-lamar kerja saat itu. ada 1 perusahan yang tes masuknya harus ke Samarinda. Pergilah saya ke kota itu untuk mengikuti tes kerja tersebut. Saya pergi kesana sendiri naik motor. Ketika sudah setengah perjalanan, saya mau lihat jam. Cuma pengen tau saya sudah berapa jam di perjalanan.

Pas saya angkat tangan kiri saya, kok terasa ringan ya. Padahal jam tangan saya ini berat dan selalu terasa. Ternyata saat itu jam tangan saya gak ada. Karena saya sayang (tsaaaah) saya pun mutar balik, hampir 1 KM saya jalan akhirnya ketemu. Tapi, jam tangan saya sudah hancur. Pas saya mau ambil di sebarang jalan, ada mobil sangat laju dan oooh… jam tangan saya di injak lagi. entah sudah berapa kali di injak sebelum saya menemukannya terkapar tanpa bisa berdaya apa-apa lagi. (gimana?. saya sudah puitis banget gak? Haha).

Kemudian saya ambil dan saya fikir jam tangan ini udah rusak. Udah gak fungsi. Tapi tetap saya simpan di dalam tas. Gelangnya bengkok-bengkok, dan udah gak bisa di pake lagi, fikir saya saat itu.

Tes kerja selesai. Besoknya saya kembali ke Bontang, dan saya ceritakan ke ibu saya dengan hati was-was. Takut di omelin aja sih. Hehe..

Tapi ternyata gakpapa, gak dapet marah. Karena emang bukan kesengajaan saya jam tangan itu jatuh. Dan besoknya jam tangan itu di bawa ke toko jam tempat saya beli waktu itu sama ibu. Tertanya kata penjualnya, jam tangannya masih bisa di perbaikin, karena mesin jam tangannya masih bagus. Tapi gelangnya harus di ganti, karena gak bisa di perbaikin lagi.

Oke, saya bilang ke ibu saya gak papa kalo emang gelangnya harus diganti. Di perbaikilah jam tangan saya dan gelangnnya di ganti jadi gelang karet warna hitam hingga sekarang. Dan jam tangan saya sudah gak anti air lagi, karena kacanya sudah bukan kaca origin.. huh. Terima. Terima.

Kejadian berikutnya, saya dari Samarinda lagi, menuju pulang ke Bontang. Dan belum ada setengah perjalanan, saya kecelakaan dan terguling guling. Selain motor hancur. Jam tangan saya pun terlempar jauh. Lagi-lagi jam tangan saya harus rusak begitu. Gelangnya lepas. Saya fikir jam tangan saya sudah bener-bener rusak.

Tapi setelah di Bontang, ternyata jam tangan saya masih bernyawa setelah di perbaikin lagi. Gila kan?. Gak sia-sia saya beli mahal-mahal dulu. Hehe..

Berikutnya, jam tangan saya ini sering banget jatuh di lantai keramik. Karena gelangnya suka lepas. Besi pengaitnya memang longgar. Tapi, masih aja tetap bagus sampai sekarang.

Ada juga ketika saya jalan-jalan ke Sebulu, salah satu derah pedalaman di kaltim. Saya masih setia bersama jam tangan saya ini. saya bersama teman-teman saya berangkat dari Samarinda ke Sebulu dari siang dan pulang malam. Setelah pulang dari Sebulu, sampai lah saya di kos kisaran 23.40 Wita.

Kondisi saya sudah benar-benar lelah, gerah, capek, ngantuk. Pas saya buka jam tangan saya, gak sengaja jam tangan saya jatuh. Dari situ jam tangan saya mulai gak jelas. Kadang jarum jamnya jalan, kadang mati. Terus dan terus begitu, saya simpulkan jam tangan saya rusak. Mulai dari situ saya gak pernah pake jam tangan saya lagi hingga berbulan-bulan.

Ketika saya pulang ke Bontang, ibu saya Tanya jam tangan saya mana kok gak pernah di pake lagi. saya bilang kalo jam tangannya sudah rusak. 2 bulan saya di Bontang, 2 bulan juga saya gak pake jam tangan. Hingga akhir februari 2014 ibu saya ngambil jam tangan saya di kamar yang sudah lama gak saya pake. Di bawalah jam tangan saya itu ke toko jam tangan untuk di service. Dan ternyata bim sulabim jam tangan saya masih bagus. Hingga hari ini jam tangan saya gak pernah rusak.

Jam tangan saya ini sama aja kayak orang yang sudah berkali-kali di tabarak mobil, tapi masih hidup. hehe… makanya saya sangat sayang sama jam tangan saya ini. walaupun gak bagus-bagus amat tapi kuat.

Tapi kenapa lebaran tahun ini, ada tikus rakus. Arrrrggghhh, bikin jengkel aja. Mau gak mau saya harus bawa ke toko jam tangan lagi, buat beli gelangnya yang habis di gigitin sama si koruptor rakus itu.

Oiya ada cerita sedikit, jadi setelah jam tangan saya di gigit di hari lebaran kemaren, 2 hari berikutnya tutup botol minyak pelumas mesin jahit di rumah saya, sukses di makanin sama koruptor juga. Bener-bener dah, tikusnya ini rakus. rakuuuuuus banget.

Jangan-jangan tikus yang di rumah saya ini adalah koruptor-koruptor Negara yang sudah di azab sama Allah jadi tikus beneran. Karena mereka berdua adalah sama pada dasarnya. Sama-sama hina di dalam kehidupan ini. hehe ^^

Pesan moral : jagalah barang-barang anda sebelum terlambat. Berikan arahan kepada tikus-tikus yang ada di rumah anda untuk bisa memilih yang mana makanan enak  dan mana yang bukan. Sekian.


Salam kenal dan untuk lebih kenal atau sekedar ngobrol-ngobrol Follow aja twitter saya : @akhi_fathur

4 komentar:

  1. Halo fathur... sebelumnya, minal aidzin eal faidzin ya. Mohon maaf kalo selama menjadi teman sesama blogger ada aja kata gak mengenakkan..

    Ngomong-ngomong, aku juga lagi lebaran di bontang loh.. hehehe, yah walopun di bontang "nggak ada apa-apanya", tapi ngumpul bareng keluarga itulah yang "apa-apanya". Ngomong-ngomong, sekarang kuliah apa kerja? Dan... waktu terguling-guling kecelakaan, kamunya gak apa-apa?? Masih sempet-sempetnya merhatiin jam ya.. duh duh..

    Dan.... wow!!! Cuma satu kata itu yang bisa kusematin buat jam mu. Hebat, hebaaat... bisa bertahan walo udah kena hantaman nggak karu-karuan. Hebat banar lah..

    Tikusnya emang rakus banget, apa-apa diembat. Dulu, di rumahku si tikus suka bamget ngegerogotin toples sampe bergerigi2 gitu >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hey, halo juga., iya sama2 ya. mohon maaf lahir batin juga.

      btw kamu di Bontang tinggal dimana?.

      aku kuliah sekarang. waktu itu gpp kok. cuma terguling-guling kayak tringgiling aja.

      iya, jam tanganku itu memang hebat, kalah jam tangannya ultramen gayya.

      tikus rakusnya itu cuma joke aja kok. wkwk

      Hapus
    2. Di daerah tanjung limau. Di g+ kayaknya kamu temenan sama tutur juga ya? Kenal? Itu tuh.. tutur larasati. Dia temenku juga, kenal gak sengaja lebih tepatnya. Hahaha.. emang kamu di bontang daerah mana nya?

      Jam tangannya super banget. Boleh lah ya dipesen satu.. hahaha

      Hapus
    3. tidak untuk di jual. haha. aku di bontang baru. gak kenal ak sama tutur. hehe.. joint blogku juga ya sher :D

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)