Rabu, 09 September 2015

Dipaksa Jowo-an!


Dipaksa jowo-an (dipaksa ngomong bahasa Jawa). Inilah yang terjadi ketika jaman saya maba dulu.

Awalnya saya ditawari oleh teman saya kos-kosan. Kebetulan saat itu dikosan teman saya masih ada  2 kamar kosong. Saya dikabarin lewat BBM.

Waktu itu saya memang sedang mencari kos-kosan, karena kosan saya sudah mau habis kontrak. Saya dikabarin lewat BBM. “thur,ini ada kamar yang kosong dua. Kalo kamu mau, entar aku bilangin bapaknya ada temanku mau ngekos disini. Gimana? Biar kalo ada orang mau masuk bisa dikasih tau kalo kamarnya udah mau diambil sama orang.”
Singkat cerita, dia potoin keadaan kos itu. Saya masih bingung karena nggak ngeliat secara langsung. Saya bilang ke dia, “entar aja kalo aku dah balik deh baru jalan ke kosanmu. Biar enak. Bisa lihat langsung. kalo srek ya aku pindah kesitu. Kalo gak, aku cari yang lain aja.”

“oh yawes. Mudah-mudahan belum ada yang masuk duluan sebelum kamu balik kesini. Kalo bisa kamu lebih cepat aja balik ke Malangnya. Oke??.”

Kemudian saya balik ke Malang lebih cepat 20 hari sebelum masuk kuliah. Saya jalan ke kosannya. Setelah saya lihat-lihat, kosan tersebut bersih dan nggak terlalu rame (tenang). Kosan itu juga lebih aman. Karena motor bisa dimasukkan sampai depan kamar. Kosan tersebut sih sebenarnya sederhana aja. Tapi didalamnya Cuma diisi 7 kamar atau 7 anak aja.

Lebih dari kata lumayan menurut saya. Karena nyari kosan laki yang BERSIH, TENANG dan NYAMAN di Malang itu setengah hidup. Saya pun langsung pindahan hari itu juga.  

Dikosan itu ternyata yang senior Cuma ada dua orang. Sisanya maba semua. Cuma saya sendiri anak luar pulau Jawa dikosan itu. Kamar kami semanya berdekatan. Dan lumayan akrab antara satu dengan yang lainnya karena ada satu anak yang “grepyak”. Menurut saya, karena dialah kita semua yang dikosan itu bisa cepat saling kenal.

Saat itu kita sering kumpul-kumpul. Kalo nggak di ruang tengah (tempat jemuran), ya di ruang tamu. Atau bisa juga kadang kita kumpul-kumpul disalah satu kamar. Yah, sudah lumayan akrab lah.

Nah, ketika itu sayalah satu-satunya anak yang serasa asing banget. Kenapa? Karena Cuma saya yang kayak orang “lola”. Saya Cuma diam aja tiap mereka ngobrol. Kalo ketawa, saya ketawanya lambat pas mereka udah nggak ketawa lagi. Kan jadi aneh tuh? Bisa dibayangin lah betapa garingnya.

Mereka kalo sudah ngomong serunya bukan main. Ketawa-ketawa. Saya kadang ketawa kadang juga enggak. Jujur waktu itu saya sama sekali nggak ngerti apa yang mereka omongin. Sama sekali nggak ngerti. Kalo sudah ngobrol sampe ngawur-ngidul, bahasa yang dipake bahasa  Jawa terus. Kecuali kalo ngobrol cuma sama saya aja, baru deh ngomongnya pake bahasa Indonesia.

Pas lagi asik-asiknya ngbrol, salah satu teman saya “peka” kalo saya nggak ngerti sama sekali apa yang mereka omongin. Terus dia bilang, “thur pokoknya kamu disini, harus bisa bahasa Jawa sampe satu tahun kedepan. Kita nggak mau tau. Kamu harus bisa Jowo-an. Kalo nggak ngerti tanya aja sama aku ini apa artinya, itu apa artinya. Biar enak gitu lo kalo kita ngobrol, kamu ngerti. Nggak bingung-bingung kayak gini. Pokonya disini kita harus Jowo-an.

Keadaan seolah-olah berbisik dan berkata ketelinga saya “M.A.M.P.U.S”

“iya-iya. Yang  ajari aku. Kalo aku nggak tau entar ku Tanya-tanya ya.” Saya jawab seadanya aja.

Saya anggap itu positif. Dengan begini saya bisa ningkatin kemampuan bahasa Jawa saya. Waktu itu saya mikirnya begitu.

Besoknya, saya sudah mulai sok-sokan dikit-dikit ngomong pake bahasa Jawa. Alhasil, pas mereka dengar saya Jowo-an, mereka ketawa-ketawa geli. Katanya logat saya lucu kalo pake bahasa Jawa.

Jujur, logat Bontang saya kental banget sampe sekarang. Saya sudah berusaha ngilangin logat ini dari tahun 2013. Tapi tetap gagal. Nggak hilang-hilang sampe sekarang.

Setelah beberapa bulan ngekos disitu, akhirnya saya “lumayan” bisa komunikasi pake bahasa Jawa. Saya ngerti apa yang mereka omongin, tapi saya nggak bisa ngomong pake bahasa Jawa saat itu.

Gara-gara itulah saya sekarang bisa bahasa Jawa. Gara-gara “dipaksa” awalnya. Akhirnya bisa. Yah, karena bisa bahasa Jawa itu, saya bisa ngerti kalo udah teman-teman saya ngomong pake bahasa Jawa. Biasanya di kampus saya ada kelompok-kelompok tertentu yang pake bahasa Jawa. Pas lagi bareng mereka, minimal saya paham lah lawakan-lawakan mereka dan bisa ketawa bareng. Yea !!

Ada teman saya yang satu daerah dengan saya, ada juga yang dari Jakarta, mereka sudah 3 tahun di Malang masih nggak ngerti-ngerti juga bahasa Jawa. Jadi kalo ada salah satu teman kami yang pake bahasa Jawa ya mereka diam. Diam nggak ngerti makasudnya apa. Sama seperti saya ketika awal kali masih nggak tau sama sekali bahasa Jawa. Ya begitulah teman saya ini. Sangat disayangkan. Nggak bisa ikut ketawa sama-sama pas lucunya lagi keluar.

Yah paling dia bilang gini, “ngomong apa kamu ndul.”

Ternyata hikmah dipaksa jowo-an dulu sangat bermanfaat sampe sekarang buat saya. Kadang juga dosen saya kalo lagi melawak pake bahasa Jawa. Ya maklum, Karena ini memang tanah Jawa. Otomatis bahasa keseharian mereka bahasa Jawa. Lawakan-lawakan yang mereka gunakan juga tentunya lawakan Jawa. Iya to??

Endingnya dikos itu saya cuma sampe satu semester aja. Setelah itu saya pindah. Karena kos tersebut mau direnovasi. Setelah Keluar dari kos itu hasilnya saya sudah bisa bahasa Jawa. Ini sih namanya belajar tanpa sadar. Hahaha. Belajar gara-gara dipaksa.  


Thanks rek !

3 komentar:

  1. hahaha.. untungnya aku emang ada darah jawa-nya tur. jadi masih ngerti2 aja kalo temenku pada ngomong jawa, yaaah walopun sampe sekarang susah buat ngomong langsung. minimal ngerti lah omongan mereka.

    hehehe.. logat bontang ku tetep masih ada lah, apalagi kalo ketemu sesama anak bontang di malang :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia. jadi orang nggak ngerti sendiri itu gak enak. beneran dah.

      aku nyerah dah buat ngilangin logat ini. mungkin udah mendarah daging kali yak. hahaha

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)