Senin, 28 September 2015

Stop Nasi Goreng Temporarily


Nama: Fathur Rahman
Umur: 10 tahun
Hobi: Main bola
Bintang: Skorpio
Artis favorit: Ariel Peterpan
Makanan favorit: “NA_SI_GO_RENG”
Minumana favorit: Jus Alpukat
.
.
.
.
.

Ngomong-ngomong itu bukan sebuah angket ya. Tapi itu merupakan sebuah biodata diri yang selalu saya tulis disetiap buku-buku catatan saya waktu jaman SD dulu. Setiap halaman buku paling terakhir saya tulisin begitu.

Dulu paling sering Tanya-tanyaan soal favorit-favoritan sesuatu. Ya contohnya makanan/ minuman favorit, olahraga favorit dll.  Kalo saya ditanya sama teman-teman, “makanan favoritmu apa?” Nasi Goreng. Pasti saya jawab gitu. Dulu.

Dulu, Saya doyan banget sama yang namanya nasi goreng ini. Yah, seminggu mungkin tiga atau empat kali pasti menu makan malam saya adalah nasi goreng. Saya biasanya beli yang didekat rumah. Bedanya dengan makanan yang lain, untuk nasi goreng ini saya nggak bosen-bosen.


Semenjak saya pindah ke Kota Malang, saya harus nerima kenyataan kalo nasi goreng di Kota ini, Jujur, Nggak enak. Rasanya kurang enak bagi saya. Seperti ada bumbu-bumbu yang kurang gitu. Bisa dikatakan nasi goreng di Kota Malang ini nggak ngikutin standar pembuatan nasi goreng hehehe. Dan anehnya hampir semua nasi goreng yang ada di Malang, rasanya itu sama. Sama-sama nggak enak.

Mungkin dari segi harga, nasi goreng di Malang menang. Murah. Murah karena emang nggak ada lauknya. Cuma nasi goreng doang.

Sebenarnya hampir semua makanan yang ada di Malang ini rasanya “nggak enak” buat saya. Tapi karena adanya cuma itu mau nggak mau ya tetap kebeli, karena kalo nggak makan, ya mati.

Awalnya saya mendam ketidaknyamanan ini sendiri aja di dalam hati, tapi lama kelamaan teman-teman saya juga ikut komentar masalah makanan ini.

“di Malang ini ya, dimana sih ada makanan yang rasanya ‘egh’ gitu lo. Rasanya itu gak ada yang bisa bikin kita sampe puas. Bumbunya kayak ada yang kurang gitu lo.” (teman saya dari jawa tengah)

“Asem. Makanan disini nggak ada yang enak.” (teman saya dari Jakarta)

“emang sih murah, rasanya nyesuain harga. Makanya kurang enak gitu.” (teman saya dari sunda)

“nggak ada disini jual nasi kuning kayak nasi kuningnya acil-acil ya. Nasi kuning disini nggak enak.” (teman saya dari Bontang)

“beli lalapan ayam. Ayamnya sejempol, tepungnya segenggam. Bangke. Dimana-mana gitu tuh lalapan.” (teman saya dari jawa tengah)

Dan masih banyak lagi komentar-komentar yang kurang lebih sama dengan yang saya rasakan yang nggak bisa saya tuliskan satu persatu. Karena banyak banget komentar-komentar seperti itu. Selain banyak, saya juga udah lupa. Hampir semua teman-teman saya yang bukan asli Malang, kalo udah ngomentari masalah makanan ini, rata-rata komentar begitu. Rata-rata pasti ngeluh soal rasa.  

Hanya saja, karena kota Malang ini merupakan kota pelajar, kotanya mahasiswa, kotanya anak kos-kosan yang tiap tahunnya selalu nambah, maka salah satu usaha yang menjanjikan adalah usaha makanan. Kenapa kok menjanjikan? karena enak atau nggak enak makanan itu pasti dibeli. Karena anak-anak kos ini kalo nggak makan, bakalan mati. YA IYALAH !!

Nah, inilah yang dimanfaatkan oleh penjual-penjual makanan itu. Mereka jual makanan yang bumbunya apa adanya alias asal jadi. Mereka nggak akan takut sepi, karena pasti dibeli juga.

Kalo misalnya kalian pikir, “yaudah kalo gitu nggak usah beli. masak sendiri aja.” Saya juga maunya begitu. Cuma permasalahnnya, kos saya nggak ada dapurnya. Jadi, mau nggak mau ya “terpaksa” deh beli juga ujung-ujungnya.

Kalo ditipi-tipi ngomongin soal wisatanya Malang itu keren-keren. Mulai dari gunung sampai pantai. Yang indoor maupun outdoor. Saya terima. Karena itu emang benar. Tapi kalo udah ngomongin soal kuliner yang katanya banyak, menjamur gurita, harganya murah-murah dan rasanya enak. Tunggu dulu. Banyak iya, emang banyak. Menjamur gurita dan harganya murah-murah, oke saya setuju. Rasanya enak?? Saya ragu. Jangan-jangan stasiun tipinya udah di sogok tuh sama penjual makanannya. Pas lagi shooting, di kasih makanan gratis yang penting di liput gerobaknya.

Hahaha, becanda men.

Jadi, sedoyan-doyannya saya sama nasi goreng, saya harus nahan dulu. berhenti dulu doyan sama nasi goreng untuk sementara waktu. Saya pikir saya cuma beberapa tahun aja disini. Karena saya disini buat nuntut ilmu, bukan jadi food tester ataupun penikmat makanan. Jadi untuk nahan buat nggak makan nasi goreng,  ya bisalah. Di sabar-sabarin.

Mungkin iya saya nggak akan beli dan makan nasi goreng di Malang, tapi lain ceritanya kalo nasi gorengnya itu gratis. GE RA TIS. Yah mungkin ada teman yang lagi teraktiran misalnya. Kalo udah gini, nggak boleh nolak bro. Kenapa? Soalnya, nolak rezeki itu nggak baik. Bisa menurunkan kegantengan maupun kecantikan dirimu.


Hahaha.... Opo -_____-

3 komentar:

  1. Gw setujuuuuuuu sama soal nasi kuning >.< Di bontang nasi kuningnya kan khas banjar tuh, jadi gw suka. Kalo di Malang macam nasi campur. Iya nasinya kuning. Tapi lauknya kayak nasi campur. Kalo di Bontang kan yaaa... beda.

    Huaaahhh~~ Gue kangen masakan Bontang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nasi kuning juga itu kasus banget. kalo di bontang nasi kuningnya di kasih masak habang. ya kan? hehe

      Hapus
    2. Ah, dan lo ngingetin gw sama nasi kuning masak habang. Udah lama banget gak icip

      Hapus

Terimakasih sudah membaca. Tolong tinggalkan komentarnya. Karena dengan komentar kalian, blog ini akan semakin bernyawa hehe. Salam, untuk para blogger se-Indonesia. Dari Malang (@akhi_fathur)